Rekomendasi

Kirab Tebu Pengantin, Awali Musim Giling Tebu PG Tasikmadu

Jumat, 03 Mei 2019 : 15.00
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Setelah prosesi penanaman lima kepala kerbau di sekitar mesin giling tebu, kali ini, PG Tasikmadu, menggelar prosesi pengantin tebu, Jumat (03/05/2019) pagi.

Arak-arakan pengantin tebu yang diberi nama Bagus Hartoko dari Kebun Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, dan Rara Hartati dari Kebun Kalijirak, Kecamatan Tasikmadu, dimulai dari kebun tebu yang berada di Desa Suruh, Kecamatan Tasikmadu.

Selain mengarak tebu pengantin, sebanyak 31 batang tebu, juga di arak menuju Rumah Dinas Administratur Pabrik Gula (PG) Tasikmadu avdeling Colomadu.

Sesampainya halaman Rumah Dinas Administratur PG Tasikmadu, dilakukan serah terima pengantin tebu, dari mandor kebun tebu kepada manager PG Tasikamdu.

Selanjutnya tebu dibawa masuk ke tempat mesin giling di dalam pabrik, untuk menandai musim giling tahun 2019. Setelah melalui prosesi penyambutan, pengantin tebu, bersama tebu yang lain, diletakkan di mesin giling.

Manager PG Tasikmadu afdeling Colomadu, Triono kepada hariankota.com serta awak media lain, , mengatakan, upacara tebu manten ini merupakan tradisi yang digelar setiap tahun, sebelum musim giling dimulai.

Upacara manten tebu ini, jelasnya, sebagai tradisi yang digelar setiap tahun jatuh di Jumat Pon. Triono menambahkan, ntuk menyiapkan pencapaian target, pihaknya menyiapkan pabrik semaksimal mungkin seperti penambahan power dan perbaikan mesin giling.

“Recana giling nantiakan kita lakukan setelah perayaan hari raya Idulu Fitri mendatang. Sistem permesinan juga semakin baik, dengan menggunakan elektro motor,” jelasnya.

Tahun ini, menurut Triono, diprediksi digiling sebanyak 195.139 ton tebu dari lahan di enam wilayah kabupaten di Solo Raya. Disisi lain, luas tanam tebu hanya tersisa 3,240.430 hektar yang berada di tujuh kabupaten ditambah Ngawi.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More