Rekomendasi

Laporan Tim Arus Mudik Lebaran Hariankota.com: Ini Syarat Anis Bagi Pendatang Baru di Jakarta

Kamis, 30 Mei 2019 : 20.17
Published by Hariankota
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengaku tidak bisa melarang atau mengatur arus pendatang baru pasca musim lebaran 2019. Pasalnya, Jakarta adalah milik seluruh rakyat Indonesia dan tidak ada larangan berdomisili di Jakarta.

Hal itu disampaikan Anies saat melepas ribuan pemudik yang mengikuti program mudik gratis Pemprov DKI di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (30/5/2019).

“Ibukota adalah milik seluruh warga Indonesia. Jakarta adalah milik seluruh Indonesia. Tidak ada sedikitpun aturan di Republik ini yang melarang pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lainnya. Tidak bisa dilarang,” kata Anies.

Orang nomor satu di Jakarta ini menyampaikan bahwa seluruh rakyat Indonesia memiliki kesetaraan untuk mencari kerja termasuk di Ibu Kota. “Kita semua ingin agar Ibu Kota menjadi tempat yang setara bagi semuanya,” ucap dia.

Kendati demikian, lanjut Anies, tetap ada anjuran bagi pendatang baru yang hendak mengadu nasib di Jakarta. Yang utama adalah melengkapi diri dengan data identitas lengkap yang resmi.

“Pastikan membawa surat-surat kependudukan yang lengkap, itu wajib. Yang kedua, usahakan memiliki kepesertaan BPJS, sehingga kalau di Jakarta ada masalah kesehatan, mudah tercover,” papar Anies.

Selanjutnya, pendatang baru harus memiliki keterampilan dan tujuan jelas ketika hendak ke Jakarta. Hal itu agar bisa langsung mendapatkan pekerjaan bukan justru menambah daftar pengangguran.

“Bawa keterampilan, bawa pengalaman, bawa kemampuan sehingga di Jakarta ikut menggerakkan perekonomian di Ibu Kota. Dengan cara begitu, maka datang ke Jakarta, ikut berkontribusi kehidupan perekonomian di tempat kita,” tandas Anies.

Jurnalis: Aiunun

Editor: Gunadi

Share this Article :