Rekomendasi

Laporan Tim Mudik Lebaran Hariankota.com: Terminal Tirtonadi Solo Siapkan Tenda Istirahat untuk Copet

Kamis, 30 Mei 2019 : 20.21
Published by Hariankota
SOLO - Musim mudik, pengelola Terminal Tirtonadi Solo mendirikan sebuah shelter berupa tenda Sarnafil dengan ukuran sekira 3x3 meter lengkap dengan kursi panjang. Ini merupakan shelter khusus bernama Posko Tempat Istirahat Copet.

Posko didirikan sebagai bagian dari upaya pengelola terminal meminimalisir tindak kejahatan copet selama musim mudik. Tujuannya selain memberikan rasa aman dan nyaman juga untuk memberi sindiran kepada pelaku kejahatan di terminal.

Informasi yang diperoleh hariankota.com, Kamis (30/6/2019), nantinya terhadap pelaku copet ataupun jambret yang tertangkap, maka akan didudukkan pada tempat khusus ini agar pengunjung terminal melihatnya.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Joko Sutriyanto menjelaskan, pendirian posko tempat istirahat copet ini diawali ide dari gagasan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo pada tahun 2016 silam.

"Ide gagasan tersebut ternyata mengena dan kami selalu pasang setiap tahunnya saat musim mudik lebaran. Dengan tempat khusus ini diharapkan tak ada tindak kejahatan yang dilakukan di dalam Terminal Tirtonadi,” jelasnya.

Sejak posko istirahat copet tiap musim mudik dibuat, dari tahun 2016 sampai sekarang menurut Joko tidak ada copet yang tertangkap di Terminal Tirtonadi.

"Berarti sindiran yang merupakan gagasan Pak Walikota ini efektif, sehingga nanti kami setiap tahun akan memasangnya,” pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :