Rekomendasi

Laporan Tim Mudik Lebaran Hariankota.com: Besok, Diprediksi Puncak Arus Kendaraan di Tol Trans Jawa

Kamis, 30 Mei 2019 : 20.24
Published by Hariankota
PURWAKARTA – Kabarhakam Polri Komjen Condro Kirono memantau kesiapan pos mudik Lebaran di Cikopo, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (30/05/2019) sore.

Pada kesempatan itu dilakukan pengecekan Pos Pol Terpadu Cikopo Dan Ruang CCTV RTMC. Komjen Condro didampingi Kakor Bundas Irjen Pol Widiyarso Herri Wibowo dan Kakor Polairud Brigjen Anang Revandoko. Rombongan diterima Kapolres Purwakarta AKBP Matrius.

Dalam kunjungan itu, Condro memberikan arahan kepada seluruh personil terlibat pengamanan arus mudik agar terlaksana mudik lebaran nyaman dan lancar.

Kapolres Matrius memaparkan akibat pemberlakuan one way jalur arteri di wilayahnya bakal ketiban kepadatan sehingga tugas jajarannya lebih berat dari Lebaran tahun lalu. “Kendati begitu, kita telah siapkan CB-CB bila terjadi kepadatan di jalur arteri,” ujar dia.

Sementara itu ,arus lalu lintas kendaraan mudik Lebaran yang melintasi Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada H-6 terpantau di ruas Cikopo ramai lancar. Di tol ini sudah diberlakukan one way. Kendaraan yang didominasi kendaraan pribadi ini memacu mobilnya berkecepatan tinggi.

Meski sempat terjadi antrian kendaraan memanjang di jalur tol menuju arah Palimanan atau Jawa Tengah sebelum diberlakukan one way namun cepat terurai setelah petugas kepolisian menurunkan petugas bermotor.

Termasuk banyak pengendara yang hendak masuk ke rest area terpaksa parkir di bahu jalan karena padatnya kendaraan.

Kemacetan tidak berlangsung lama setelah PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pengelola Tol Cipali, memberlakukan kebijakan One Way (jalur satu arah) sekitar pukul 08.30 wib hingga kendaraan mudik pun kembali berlangsung ramai lancar.

Vice President Director PT LMS, Firdaus Azis kepada wartawan memprediksi, puncak arus mudik lebaran di Tol Cipali terjadi 31 Mei. Bahkan pihaknya memprediksi kendaraan yang lewat meningkat signifikan dibandingkan arus mudik tahun sebelumnya.

“Dari sisi jumlah kendaraan, kita berharap tahun ini arus mudik bisa mencapai 104 ribu kendaraan, bahkan bisa lebih tinggi dibanding tahun lalu yang tertingginya hanya mencapai sekitar 90 ribu kendaraan,” katanya.

Kata dia, jalan tol ini sudah tersambung hingga Jawa Timur hingga banyak pemudik ingin menjajal tol yang baru.

Jurnalis: Nuraini

Editor: Gunadi

Share this Article :