Rekomendasi

Meriah, Warga Solo Gelar Umbul Donga 1001 Tumpeng untuk Kemenangan Jokowi - Amin

Kamis, 23 Mei 2019 : 21.27
Published by Hariankota
SOLO – Iring -iringan kirab peserta membawa 1001 tumpeng dalam Umbul Donga tasyakuran atas kemenangan Capres - Cawapres Joko Widodo - Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019 yang digelar warga Solo di Pendhapi Gede komplek Balai Kota Solo, Kamis (23/5/2019) sore berlangsung meriah.

Pantauan hariankota.com, oleh panitia disebutkan tajuk acara adalah 1001 Tumpeng Indonesia Bersyukur Jokowi - Amin 2019-2024. Warga pun antusias hadir di acara ini. Mereka tak sabar menanti pembagian tumpeng setelah di do'akan.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo pada kesempatan ini menyampaikan, tanggal 22 dini hari sudah diumumkan secara resmi bahwa Paslon Capres - Cawapres nomor urut 01, Jokowi - Amin unggul dalam Pemilu 2019.

"Umbul donga ini juga untuk mensyukuri pelaksanaan Pemilu yang terselenggara dengan aman, nyaman, dan penuh kedamaian,” kata Rudy yang hadir bersama wakilnya, Achmad Purnomo.

Dalam acara ini, barisan kirab 1001 tumpeng dipimpin langsung oleh Walikota Solo dan Wakilnya. Diawali berangkat dari depan loby Kantor Walikota kemudian berjalan memutari halaman depan sebelum akhirnya menuju Pendhapi Gede.

Selain pejabat Forkopimda, di belakang Walikota dan Wakil Walikota, tampak sejumlah tokoh masyarakat, pejabat daerah, aktivis berbagai organisasi terlibat menjadi peserta dengan masing - masing membawa tumpeng melambangkan keberagaman suku dan bangsa di Indonesia.

Sementara di barisan paling belakang adalah warga masyarakat yang juga terlibat membawa tumpeng lainnya.

Sebelum dibagikan kepada warga, tumpeng yang ditata di pendhapi terlebih dulu di do'akan oleh tokoh lima agama secara bergantian untuk keamanan dan keselamatan bangsa. Termasuk do'a agar Jokowi bisa memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan dengan adil dan bijaksana.

Rudy menjelaskan makna persembahan 1001 tumpeng adalah, ada satu tumpeng sengaja dibuat sedikit lebih besar dari tumpeng lainnya. Hal itu melambangkan Jokowi siap melayani Indonesia dengan beribu ragam suku bangsa dan budaya.

“Itu menggambarkan kepala negara diharapkan melayani masyarakat yang adil dan merata yang terdiri dari bermacam-macam suku dan golongan,” papar Rudy.

Salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Husein Syifa yang hadir dalam acara ini menambahkan, masyarakat Indonesia perlu bersyukur atas terselenggaranya Pemilu 2019 dengan lancar.

"Do'a bersama kali ini juga ditujukan untuk para petugas Kelompok Pelaksana Pemungutan Suara (KPPS) di berbagai daerah yang meninggal karena melakukan tugas demokrasi.

Dia pun meminta agar semua pihak menghormati proses demokrasi yang berlangsung dan mendoakan para Pahlawan Demokrasi Indonesia yang telah berkorban untuk kelangsungan demokrasi di Indonesia.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More