Rekomendasi

Pemkab Karanganyar Gelontorkan Rp 82,2 Miliar untuk THR dan Gaji ke 13

Jumat, 17 Mei 2019 : 19.40
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Anggaran sebesar Rp82,2 miliar akan dikucurkan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar untuk pembayaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke 13 bagi apratur sipil negara (ASN) tahun 2019.

Sebesar Rp41,1 miliar akan digunakan untuk pembayaran THR dan Rp4,1 miliar untuk pembayaran gaji ke 13. Hal tersebut dikatakan kepala Badan Keuangan daearah (BKD), Sumarno, kepada wartawan, Jumat (17/05/2019).

Pembayaran TR dan gaji ke 13 tersebut, dihitung gaji pokok, serta tunjangan lainnya, sebagaimana yang diatur dalam PP No.36/2019 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.

“Berapa jumlah THR dan gaji ke 13, sudah ada ketentuan yang mengatur. Kita ingin, semua berjalan sesuai dengan prosedur,” kata Sumarno.

Sementara itu, mengenai aturan baru yang menyatakan bahwa pembayaran THR dan gaji ke 13 harus melalui Peraturan daerah (Perda), Sumarno menjelaskan, berdasarkan usulan dari Mendagri yang mengajukan permohonan revisi PP No.35/2019 dan PP No 36/2019.

Usulan revisi tersebut, jelas Sumarno, disetujui oleh Menteri keuangan dan Kemenpan RB. Dengan demikian, lanjut Sumarno, pembayaran THR dan gaji ke 13 tersebut, tidak harus dengan Perda, namun cukup denga peraturan bupati (Perbup).

“Memang ada keluhan berkaitan dengan PP No.36/2019 dan PP No.35/2019. Keluhan berkaitan dengan prosedur pencairan THR dan gaji ke-13 yang harus menggunakan Perda. Dengan diterimanya usulan revisi oleh Menteri keuangan dan Kemenpan RB, maka pencairan tersebut, tidak harus dengan perda, namun cukup dengan Perbup,” jelasnya.

Ketika ditanya, kapan THR dan gaji ke 13 tersebut dapat dicairkan, Sumarno mengaku belum dapat memastikannya. “Kita belum dapat memastikan. Mudah-mudahan, sebelum libur lebaran sudah bisa kita cairkan. Karena saat ini, seluruhnya masih berproses,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More