Rekomendasi

PJU Solar Cell Padam, Warga Desak Segera Diganti

Sabtu, 18 Mei 2019 : 20.21
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Lampu penerangan jalan umum (PJU) dari solar cell yag berada di sepanjang jalan Karangpandan menuju Tawangmangu, mati. Kondisi ini cukup meresahkan warga sekitar dan para pengguna jalan, karena menimbulkan kerawanan, baik kecelakaan maupun tindak kriminalitas.

Informasi yang dihimpun hariankota.com PJU yang mengandalkan tenaga surya ini, sudah lama mati. Menurut penuturan warga, sejak dipasang dua tahun lalu, lampu yang dibiayai dengan anggaran miliaran rupiah ini, tidak bertahan lama.

“Nyalanya Cuma sebentar mas. Setelah itu, mati sampai sekarang. Kami minta agar dinas terkait segera mengganti dengan yang baru. Kasihan warga dan pengguna jalan. Kalau malam gelap,” ujar Yanto, warga Karangpandan.

Sementara itu Karwadi, anggota DPRD Karanganyar mendesak agar Pemkab Karanganyar segera mengganti PJU yang tidak berfungsi tersebut.

Menurut Karwadi, PJU dari Karangpandan hingga Cemoro Sewu, terutama solar cell, sama sekali tidak berfungsi dan mati sejak beberapa waktu lalu. Jika PJU ini tidak segera diganti, jelasnya, maka akan sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Kami minta segera dihidupkan kembali. Apalagi menjelang lebaran, banyak warga yang menuju ke lokasi wisata Tawangangu, sebagai salah satu lokasi wisata. Sebaikya PJU diganti dengan lampu biasa. Kalau solar cell sangat tidak cocok untuk wilayah Karangpandan sampai Tawangmangu yang berhawa dingin,” ujarnya.

Ketika dikonfirmasi hariankota.com serta awak media lain melalui telepon selularnya, Sabtu (18/05/2019).

Dinas Perhubungan, Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP) Karanganyar, Sundoro, mengakui jika PJU yang dipasang oleh Pemprov Jawa Tengah tersebut yang berada di sepanjang jalan Karangpandan sampai ke Cemoro Sewu, mati.

“Semua tidak nyala. Kita juga tidak ada biaya perawatan. Saya sudah mengajukan ijin agar diganti dengan lampu konvensional, namun belum ada jawaban,” ungkapnya.

Sedangkan untuk daerah lain yang minim penerangan jalan, Sundoro menyatakan, telah melakukan perbaikan dan penambahan PJU, terutama di daerah yang rawan terjadinya kecelakaan.

“Kita sudah menambah fasilitas penerangan, terutama di daerah rawan terjadinya kecelakaan, sepeti di jalan lingkar, jalan Lawu Karanganyar kota serta di jalan Lawu timur. Semua sudah dipebaiki dan ditambah lampu penerangan jalan,” pungkasnya.

Jurnalis; Iwan Iswanda

Editor: Rahayu

Share this Article :