Rekomendasi

Selama Ramadan, Baznas Karanganyar Salurkan Zakat Rp 1 Miliar

Sabtu, 25 Mei 2019 : 17.19
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Selama bulan Ramadan ini, Baznas Karanganyar menyalurkan dana zakat sekitar Rp 1 miliar kepada masyarakat yang berhak dalam bentuk sembako bagi warga lansia, untuk bedah rumah, dan bantuan masjid.

Zakat tersebut diserahkan pada saat acara taraweh keliling (tarling).

Iskandar, Wakil Ketua Bidang Pentasyarufan Baznas Karanganyar, Iskandar, kepada hariankota.com serta awak media lain, mengatakan, saat ini ada sekitar 1,071 warga lansia yang kurang mampu dan menerima bantuan sembako dari Baznas seumur hidup senilai Rp 175.000 perorang.

“Bantuan tersebut harus diserahkan sampai ke rumah sehingga betul-betul diterima oleh warga tersebut. Ini juga sebagai kontrol agar bantuan tidak disalahgunakan s dan diterima oleh yang tidak berhak,” kata Iskanadar, Sabtu (25/05/2019).

Mengenai target perolehan zakat untuk tahun 2019 ini, Iskandar mengatakan, Baznas mentargetkan pada bulan Ramadhan ini bisa mencapai target paling minimal sekitar Rp 2 miliar.

Dijelaskannya, masih ada ada gaji ASN dan THR serta ada tunjangan penghasilan pegawai yang belum tertagih.

Sedangkan untuk zakat fitrah dalam bentuk beras, Baznas menargaetkan 24 ton beras akan terkumpul dalam tahun ini. Beras ini, jelas Iskandar, untuk dibagikan ke fakir miskin di 17 kecamatan di Karanganyar.

Jumlah itu sama dengan beras tahun lalu yag juga diserahkan kepada penerima zakat.

"Saat ini uang yang terkumpul untuk dibelikan beras sudah Rp 302 juta dan diperkirakan masih akan terus mengalir sampai H-7 lebaran. Beras baru akan dikirim ke 17 kecamatan yang menerima jatah sesuai permohonan dan daftar orang miskin yang ada," ujarnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :