Rekomendasi

Sidak, Makanan-Minuman Kedaluwarsa Ditemukan Lagi

Senin, 20 Mei 2019 : 20.30
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Tim gabungan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganayar kembali menemukan makanan dan minuman kadaluwarsa yang masih dijual bebas. Makan dan minuman kadaluwarsa tersebut, ditemukan saat tim gabungan melakukan inspeksi mendadak di pasar Palur, Senin (20/05/2019).

Selain menemukan makanan dan minuman kadaluwarsa, tim sidak juga mendapati makanan yang mengandung zat berbahaya seperti boraks, formalin dan rhodamin B, serta dugaan minyak goreng daur ulang yang dijual kembali kepada konsumen.

Makanan dan minuman yang telah kadaluwarsa tersebut, bercampur dengan makanan yang kondisinya masih baik di etalase pedagang. Dalam sidak tersebut, tim beranggotakan personel dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), Disdagnakerkop UKM, serta Satpol PP bergerak menyebar ke beberapa titik.

Mereka memeriksa makanan dan minuman, serta barang kebutuhan lain yang dijual di pasar, apakah masih layak dikonsumsi atau tidak.

“Seteah kita lakukan pengujian, kita menemukan 38 jenis makanan dan minuman kemasan kedaluwarsa. Kebanyakan adalah makanan ringan kemasan dan susu aneka rasa untuk anak-anak. Sedangkan untuk makanan yang positif mengandung zat berbahaya.

Yakni garam bleng positif mengandung boraks, mi basah dan teri nasi mengandung formalin, serta kerupuk mengandung rhodamin B,” jelas Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, DKK Karanganyar, Rita Sari Dewi, Senin (20/05/2019).

Hasil temuan ini, menurut Rita, disampaikan kepada kepala pasar, termasuk identitas pedagangnya. "Hasil temuan ini, kita sampaikan kepada Kepala Pasar, termasuk identitas pedagang agar dilakukan pembinaan,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Rahayu

Share this Article :