Rekomendasi

Soal Aksi Massa 22 Mei, Ini Kata Jokowi

Minggu, 19 Mei 2019 : 21.39
Published by Hariankota
JAKARTA - Sejumlah massa dikabarkan akan beraksi di depan Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat pengumuman hasil Pemilu 2019. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memberi tanggapan.

Jokowi mengakan proses demokrasi sebelum dan sesudah pencoblosan pada 17 april 2019, sudah berjalan sesuai konstitusi. Ia berharap tak akan terjadi hal di luar aturan hukum tersebut.

“Jangan aneh-anehlah. Harusnya mekanisme konstitusional diikuti. Ini fondasi berdemokrasi, harus diikuti,” ujarnya usai buka bersama Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5/2019).

Menurutnya, proses pemilu bukan baru pertama. Ia heran karena seakan terjadi gerakan penolakan menjelang pengumuman hasil pemilu.

“Tanggal 17 April rakyat sudah berkehendak. Dan setelah dihitung KPU dan ditetapkan, dan itu lah keputusan penyelenggara Pemilu, KPU,” katanya. “kalau yang namanya kalah, pasti tak puas. Tak ad akalah yang puas. Nggak ada.”

Ia berharap bila ada yang merasa dicurangi maka bisa menempuh jalur konstitusi yang merupakan kesepatan bentukan DPR.

“Bila ada yang curang, laporkan ke Bawaslu. Kalau kalah sengketa besar ke MK. ii mekanisme konstitusi menurut undang-undang yang telah disepakati bersama,” katanya.

Jurnalis: Nuraini
Editor: Gunadi

Share this Article :