Rekomendasi

Atasi Sampah Depan RSUD Bupati Karanganyar Sampai Turun Tangan, Sampah Masih Berserakan

Selasa, 11 Juni 2019 : 03.17
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Meski telahditutup secara resmi oleh bupati Karanganyar, tempat pembuangan sampah (TPS) Jenglong, masih saja dijadikan pembuangan sampah oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Pantauan hariankota.com, sampah masih terlihat di sisi TPS yang telah ditutup. Sampah mulai terlihat menumpuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap dan mengganggu para pengguna jalan.

“TPS ini kan sudah ditutup. Kenapa masih membuang sampah di lokasi ini. Ini sangat mengganggu,” ujar salah satu pengendara sepeda motor yang melintas, Senin (10/06/2019).

Sementara itu, menurut warga yang enggan disebutkan namanya, kepada hariankota.com mengatakan, jika TPS ini ditutup, seharusnya dinas atau instansi terkait, memberikan solusi lain bagi warga untuk membuang sampah.

“Harusnya ada solusi yang tepat. Kalau ada armada yang mengangkut sampah warga, seharusnya diambil secara rutin,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan hariankota.com sebelumnya, sampah yang berada di TPS ini sempat menjadi keluhan warga dan pasien rumah sakit umum daerah (RSUD) yang berada tepat di depan bangsal perawatan pasien.

Menerima keluhan ini, bupati Karanganyar, langsung melakukan penutupan. Penutupan itu dilakukan karena komitmen pemerintah untuk membebaskan kota Karanganyar dari tumpukan sampah.

“Sebagai solusi, nanti ada tiga unit mobil yang akan berkeliling mengambil sampah ke warga di lingkungan masyarakat perkotaan. Ini komitmen Pemkab mengatasi sampah di daerah perkotaan,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan mobil yang mengambil sampah di kota itu akan dibawa ke TPS Sukosari. Rencana setelah lokasi ditutup akan dipergunakan untuk perluasan parkir atau ruang publik.

Pihaknya juga meminta kelurahaan untuk mensosialisasikan pemungutan sampah ke rumah tersebut.

“Sampah di sejumlah tempat akan menimbulkan cek-cok atau ribut dengan tetangga yang lain. Makanya kami minta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memberikan jadwal waktu pengambilan sampah ke warga sehingga tidak ada tumpukaan sampah,” tandas bupati.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More