Rekomendasi

Baznas Karanganyar Salurkan 25 Ton Beras Zakat Fitrah

Senin, 03 Juni 2019 : 12.03
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Badan amil zakat infaq dan sodaqoh (Baznas) Karanganyar, menyalurkan sebanyak 25 ton beras zakat fitrah kepada 55 takmir masjid dan lembaga lainnya yang berada di 27 Kecamatan.

Penyerahan secara simbolis dilakukan wakil bupati Karanganyar, Rober Christanto, di Masjid Agung setempat, Senin (03/06/2019). Jumlah penyaluran zakat ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya menyaluirkan zakat fitrah sebanyak 22 ton beras.

Wakil ketua Baznas Karanganyar bidang pentasyarufan, Iskandar, kepada hariankota.com serta awak media lain, mengatakan, pembelian beras zakat fitrah ini berasal dari penerimaan zakat dalam bentuk uang serta infaq dari para ASN, serta warga masyarakat sebanyak Rp400.391.000.

Uang hasil zakat fitrah dan infaq ini, jelas Iskandar, dibelikan beras sebanyak 25,833 ton.

“Sejak beberapa tahun terakhir, kami sengaja menyalurkannya langsung ke masyarakat.Hal ini kami lakukan untuk menghindari kerusuhan seperti yang terjadi sebelumnya,” kata Iskandar, Senin (03/2019).

Dijelaskannya, dalam pembagian zakat fitrah ini, setelah disalurkan ke Masjid, panitia langsung menyalurkannya ke masing-masing warga yang berhak menerima.

Untuk tahun 2019, ungkap Iskandar, ada tiga kecamatan yang tidak mengajukan permintaan zakat fitrah, diantaranya, Kecamatan Jumapolo, Jatipuro dan Ngargoyoso.

“Kami telah memiliki data warga yang berhak menerima, sehingga kecil kemungkinan salah sasaran, karena langsung diantarkan petugas ke rumah masing-masing warga, ” lanjutnya.

Sementara itu,wakil bupati Karanganyar, meminta agar zakat fitrah disalurkan sebelum hari raya idul fitri dan petugas melakukan pemantauan agar penyaluran zakat fitrah ini dipantau agar tidak salah sasaran.

“Pastikan agar tidak salah sasaran.Bagikan tepat waktu, sehingga saupoin ora dara-sudara kita dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan lebaran,” ujarnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Jumali

Share this Article :