Rekomendasi

Bulan Ramadan, Parkir Liar di Sukoharjo Meningkat Tajam

Sabtu, 01 Juni 2019 : 20.59
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah, pusat perbelanjaan di Kabupaten Sukoharjo diserbu pengunjung. Imbasnya, parkir liar meningkat tajam akibat terbatasnya lahan.

Dalam operasi penertiban parkir liar gabungan Dinas Perhubungan (Dishub), Polri, TNI, dan Satpol PP pada Sabtu (1/6/2019) sore, sejumlah juru parkir (jukir) dan pengelola pusat perbelanjaan mendapat peringatan.

Sekretaris Dishub Sukoharjo, FX Toni Sri Buntoro yang memimpin jalannya operasi penertiban mengatakan selama Ramadan ini, penertiban dilakukan menyasar sejumlah lokasi keramaian yang berdekatan dengan jalan raya.

"Sesuai tugas kami adalah menjaga dan menyelenggarakan lalu lintas yang tertib serta menjamin keselamatan pengguna jalan. Oleh karenanya terhadap pengguna parkir disimpul - simpul kemacetan kami tertibkan," terangnya kepada hariankota.com, Sabtu (1/6/2019).

Dalam penertiban ini, petugas menegur sejumlah jukir dan penggelola pusat perbelanjaan agar dalam penataan kendaraan pengunjung tidak menggangu pengguna jalan lain.

"Kami juga melakukan evaluasi untuk mencarikan solusi bagaimana kedepan agar mereka (jukir -Red) tidak sembarangan mengarahkan parkir kendaraan. Harus ada penyiapan kantong - kantong parkir," paparnya.

Pada bulan Ramadan kali ini, Toni menyebut volume kendaraan parkir meningkat sekira 50 persen. Selain kendaraan pemudik yang sudah mulai berdatangan, peningkatan juga dipicu banyaknya masyarakat berbelanja kebutuhan lebaran.

Terhadap temuan maraknya parkir liar pada bulan Ramadan ini, Toni menyebut pihaknya belum akan melakukan tindakan tegas. Langkah yang diambil baru pada tahap monitoring dan pembinaan.

"Selama Lebaran ini, kami fokus pada 5 lokasi yang rawan pelanggaran parkir liar memakan bahu jalan karena banyak mall dan pasar tumpah yakni, di Nguter, Telukan, Pasar Ir Soekarno, sekitar toko Laris, kemudian di Kartasura," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Jumali

Share this Article :