Rekomendasi

Cegah Pemudik Istirahat di Bahu Jalan Tol, Polres Pekalongan Sisir Jalur Jalan Tol

Sabtu, 01 Juni 2019 : 20.46
Published by Hariankota
PEKALONGAN - Polres Pekalongan, Jawa Tengah, mengimbau kepada para pemudik yang hendak beristirahat di jalan tol, untuk tidak menggunakan bahu jalan. Sekali pun kondisi tempat istirahat yang ada penuh akibat volume kendaraan yang cukup banyak.

Kapolres Pekalongan, AKBP Wawan Kurniawan mengatakan, pihaknya selalu melakukan patroli di jalan tol. Tim sisir, yang terdiri dari satuan shabara dan satuan lalu lintas, secara berkala melakukan penyisiran di ruas tol Pekalongan.

Ia juga mengingatkan kepada pemudik, agar penggunaan bahu jalan hanya diperuntukkan bagi kondisi darurat.

"Seperti misalnya ban pecah, kehabisan bahan bakar atau ada masalah dengan kendaraan. Kalau mau beristirahat, sebaiknya di rest area dan jangan di bahu jalani," katanya, Sabtu (1/6/2019).

Wawan meminta pengguna jalan dapat memperhatikan waktu sebelum melakukan perjalanan panjang. Hal ini guna mengantisipasi kepadatan arus kendaraan yang akan berhenti di tempat istirahat.

Wawan menyebut mayoritas kendaraan yang berhenti di bahu jalan adalah yang mengalami permasalahan mesin. Hal itu berdasarkan laporan dari personilnya yang melaksanakan kegiatan patroli di jalur tol.

"Saat personil yang sedang melaksanakan kegiatan patroli dan melintas di jalur tol masih melihat adanya sejumlah pengemudi yang sengaja membuka kap mesin mereka.

Untuk itu kami ingatkan kepada para pengguna jalan untuk memperhatikan kondisi kendaraan masing-masing sebelum melakukan perjalanan, baik itu kondisi mesin, BBM dan saldo (e-toll)," pungkas Wawan.

Jurnalis: Gatot Pujo Nugroho
Editor: Jumali

Share this Article :