Rekomendasi

Dilanda Kekeringan, Dua Dusun di Sukoharjo dapat Bantuan Air Bersih dari Polisi

Kamis, 27 Juni 2019 : 16.00
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Memasuki musim kemarau, beberapa dusun di wilayah Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo mengalami kekeringan. Warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari - hari.

Informasi yang didapat hariankota.com dari Sekretaris Kecamatan Bulu, Heri Mulyadi, saat ini sedikitnya ada dua dusun yang mengalami kekeringan parah yakni, Dusun Ngesong Desa Kunden dan Dusun Tugurejo Desa Kamal.

"Menurut survey yang kami laporkan kepada pak Kapolsek Bulu dua dusun ini yang paling parah. Namun belum sampai kekeringan yang parah. Dalam satu dusun kebutuhan air masih bisa dipenuhi, meskipun debit airnya berkurang," terangnya disela acara pendistribusian bantuan air bersih dari Polres Sukoharjo, Kamis (27/6/2019).

Selain dua tempat tersebut, Heri juga menyampaikan masih ada dua desa lainnya lagi yang rawan dilanda kekeringan yaitu, di Desa Sanggang dan Desa Gentan.

Namun begitu, untuk mengantisipasinya, dalam waktu dekat akan disiapkan sumur dalam Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat).

"Saat ini belum semua tempat memiliki Pamsimas, namun kedepannya akan ditambah dengan mengalokasikan dana desa untuk pembuatan sumur dalam," katanya.

Sementara, Kabag Ops Polres Sukoharjo, Kompol Teguh Prasetyo mewakili Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, kekeringan yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir telah menggugah kepedulian Polres Sukoharjo dengan langsung mengirim bantuan air bersih kepada warga yang membutuhkan.

"Ini sekaligus satu rangkaian dengan peringatan HUT Bhayangkara ke-73. Kami bekerjasama dengan Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Perusahaan Daerah Air Mineral (PDAM) Sukoharjo, dan Kecamatan Bulu," terangnya.

Disebutkan Teguh, pada kesempatan ini Polres Sukoharjo mendistribusikan bantuan sebanyak 16 ribu liter air bersih yang diangkut menggunakan tiga truk tangki air, dan satu armada water canon.

"Prioritas kegiatan penyaluran air bersih untuk warga yang membutuhkan, terutama untuk wilayah-wilayah yang minim sumber mata air. Sedangkan untuk wilayah-wilayah lain, kami menunggu perintah dari pak Kapolres, tapi sudah diagendakan," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More