Rekomendasi

Empat Jamaah Haji Sragen, Gagal Berangkat

Jumat, 21 Juni 2019 : 21.10
Published by Hariankota
(Foto:dok.hariankota)Sapto Nugroho)
SRAGEN - Empat calon jemaah haji (calhaj) yang berasal dari kabupaten Sragen, gagal beragkat ke tanah suci pada musim haji tahun 2019.

Pasalnya, ke empat calhaj ini, meninggal dunia dan telah melunasi seluruh ongkos naik haji (ONH). Karna meninggal dunia, maka kursi ke empat calhaj ini, digantikan oleh para ahli waris masing-masing.

Hal tersebut Kasie Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Sragen, Kuri Ilmiyati, kepada awak media, Jumat (21/06/2019). Menurutnya, ke empat calhaj ini meninggal dunia disebabkan sakit.

“Karena meninggal dunia dan sudah melunasi ONH, maka kursi mereka sudah digantikan oleh ahli waris dan siap berangkat. Erdasarkan ketentuan yang meninggal memang boleh digantikan ahli waris," ujarnya.

Dijelaskannya, untuk musim haji ini, Sragen akan memberangkatkan 1.108 calhaj. Mereka akan berangkat melalui empat kloter yakni kloter 5,6,7 dan 8. Kuota itu jauh meningkat dibanding tahun sebelumnya yang memberangkatkan 889 calhaj.

Untuk jadwal masuk embarkasi, direncanakan dalam dua hari, yakni tanggal 7 dan 8 Juli nanti. Sedangkan penerbangan masing-masing esok harinya.

"Jadwal masuk embarkasi yang pertama tanggal 7 Juli 2019, dan bermalam di asrama haji Donohudan. Kloter berikutnya, masuk embarkasi 8 Juli 2019 dan besoknya lagi terbang," terangnya.

Ditambahkannya, seluruh tahapan dan proses sudah selesai. Yang sedang dilakukan tinggal proses manasik gaji kelompok yang saat ini digelar per kecamatan sejak Senin (17/6/2019).

Manasik kabupaten, pemberian vaksin meningitis, pembekalan hingga penyerahan koper properti calhaj. Seluruhnya telah selesai.

Mengenai kendala yang dihadapi selama ditanah suci, jelas Kuri, adalah suhu udara dan cuaca yang sangat ekstrim panas. Pihaknya menghimbau, para calhaj memperbanyak minum air putih dan menjaga stamina tubuh.

“Perbanyak minum. Jangan lupa makan agar staina tetap terjaga,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More