Rekomendasi

Ganjar Pranowo: Jangan Pilih Sekolah yang Mengajarkan Radikalisme

Jumat, 28 Juni 2019 : 20.35
Published by Hariankota
Gubenur Jateng Ganjar Pranowo (Foto:Okezone)
SOLO - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo meminta para orang tua agar selektif dalam memilih sekolah bagi putra putrinya untuk menghindari terpapar paham radikalisme.

"Anak-anak itu keluarga kita, media sosial juga menjadi bagian untuk menyebarkan paham-paham radikal yang mempengaruhi pikiran," kata Ganjar saat menjadi pembicara dalam silaturahmi dan diskusi bersama eks narapidana teroris (napiter) di Hotel Sala View, Jum'at (28/6/2019) siang.

"(Maka) cara melindunginya, ya jangan pilih sekolah yang mengajarkan radikalisme. Memilih sekolah yang cocok," imbaunya.

Menurut Ganjar, kepada orang tua juga perlu dilakukan pencegahan agar tidak mendidik anaknya menjadi radikal. Salah satu caranya adalah dengan memperbaiki ekonomi keluarga.

Seperti kepada eks napiter dalam Yayasan Gema Salam yang hadir dalam acara ini. Ganjar mengatakan, mereka juga diberi akses memperbaiki perekonomian untuk menjalani kehidupan yang baru.

"Kalau mereka siap kembali ke pangkuan NKRI, kami bisa membantu. Menurut saya itu tidak terlalu sulit, kami beri akses permodalan, pelatihan, pendampingan," ujarnya.

Ketua Yayasan Gema Salam, Joko Tri Harmanto alias Jack Harun yang hadir dalam acara menambahkan, pihaknya siap mendampingi pemerintah melakukan deradikalisasi terhadap kelompok radikal. Disebutkan, terdapat 40 anggota yang telah masuk ke dalam yayasan ini.

"Program kami terus bersinergi dengan pemerintah dalam bidang sosial dan ekonomi. Harapannya agar orang-orang yang radikal bisa kembali membangun NKRI," ujarnya.

Pantauan hariankota.com, pada kesempatan ini, Ganjar juga mengaku telah berbicara dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk melakukan pencegahan masuknya paham radikal di sekolah - sekolah.

"Ini (sekolah radikal) tidak boleh ada lagi dan kita awasi, ke depan kita tertibkan," tegasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More