Rekomendasi

Gubernur DKI Terus Berusaha Tekan Jumlah Motor

Selasa, 18 Juni 2019 : 22.15
Published by Hariankota
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, terus berusaha menekan penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta karena jumlah motor melebihi jumlah penduduk di Jakarta.

"Kami memiliki sekitar 10 juta penduduk yang tinggal di kota ini dan kami memiliki 13 juta sepeda motor. Jadi lebih banyak sepeda motor yang teregistrasi dibandingkan penduduk. Kami harus mengubah itu," katanya di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019).

Ia menargetkan pengguna kendaraan umum di Jakarta mencapai 75 persen, ia ingin target tersebut tercapai pada masa kepemimpinannya.

"Target kami untuk mengubah persentase orang yang menggunakan transportasi publik, di mana hanya 25 persen saat ini menjadi 75 persen. Jadi ini seperti program yang ambisius yang benar-benar mengubah dari kendaraan privat menuju transportasi publik," paparnya.

Ia juga menyoroti masalah penurunan tanah di Jakarta, beberapa wilayah penurunan tanah bisa mencapai 20 cm per tahun.

"Di beberapa area, penurunan tanah bisa mencapai sebesar 7 cm per tahun sampai 20 cm per tahun. Jadi Anda bisa membayangkan tekanan yang kami hadapi. Itu di kawasan pinggir pantai," katanya.

Dikatakannya, masalah lingkungan menjadi salah satu fokusnya. Dia menyebut tantangan saat ini adalah menyelaraskan kegiatan ekonomi agar bisa berjalan dengan baik dengan lingkungan.

"Tantangan kita hari ini adalah bagaimana memastikan perkembangan perekonomian di Jakarta juga berbarengan dengan ekologi karena di masa lalu rupanya ekonomi dan ekologi bekerja bersama-sama," ucapnya.

Jurnalis: Nuraini

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More