Rekomendasi

Harga Anjlok, Ribuan Ayam Potong Dibagi - Bagikan Gratis

Rabu, 26 Juni 2019 : 18.36
Published by Hariankota
SOLO - Ribuan ayam potong dibagi-bagikan gratis oleh peternak yang tergabung dalam Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesi (PINSAR) disejumlah titik lokasi wilayah Kota Solo, Rabu (26/6/2019).

Dari sejumlah titik tersebut, salah satunya dihalaman Kecamatan Jebres, dimana sebanyak 1.500 ayam potong dibagikan kepada warga yang telah mengantri sejak pagi. Sedangkan acaranya sendiri baru dimulai sekira pukul 10.00 WIB.

Informasi yang diperoleh hariankota.com, selain di Jebres, aksi serupa juga dilakukan di Kecamatan Laweyan 1.500 ekor, Banjarsari 2.000 ekor, Pasar Kliwon 1.500 ekor, dan Serengan juga 1.500 ekor.

Aksi merupakan bentuk protes atas Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 96 Tahun 2018 tentang harga acuan pembelian di tingkat petani dan harga acuan penjualan di tingkat konsumen yang tidak berjalan dengan baik.

"Harga ayam di tingkat peternak di wilayah Jateng sekira Rp8.000/kg hingga Rp10.000/kg. Sedangkan harga pokok produksi (HPP) mencapai Rp18.500/kg. Akibatnya selama 6 bulan terakhir ini, petani merugi karena harga ayam potong ditingkat peternak jauh dibawah harga normal," ungkapnya.

Mewakili nasib masa depan para peternak ayam, Parjuni pun berharap kebijakan pemerintah untuk pembatasan bibit ayam bisa segera dilaksanakan, sehingga bisa memperbaiki harga ayam.

"Dengan kebijakan penarikan 30 persen bibit ayam diharapkan mampu mengendalikan over supply yang terjadi dan memperbaiki harga ayam yang anjlok belakangan ini. Tapi gimana lagi, saat ini kondisi peternak sudah terlanjur merugi selama enam bulan belakangan," imbuhnya.

Sementara dalam aksi ini, panitia dibantu pihak keamanan menerapkan sistem antrian buka tutup untuk mengantisipasi warga agar tidak saling berebut. Sambil menunjukan kupon yang sudah dibagikan, antrian kembali dibuka bila antrian pertama sudah selesai.

Seorang warga Tegalkuniran, Jebres yang mengaku bernama Dewi (45), mengaku datang ke lokasi pembagian bersama tetangganya sejak pagi lantaran khawatir tidak kebagian.

"Saya mendapat kupon berwarna merah muda untuk mendapatkan ayam gratis ini dari pengurus RT yang diberikan kemarin. Ya, seneng dapat ayam gratis. Ayamnya mau langsung saya potong untuk lauk makan," pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More