Rekomendasi

Ijin Operasional Habis, Empat Toko Modern Disegel Satpol PP Sukoharjo

Rabu, 12 Juni 2019 : 18.51
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sedikitnya 4 (empat) toko modern di wilayah Kabupaten Sukoharjo yang telah habis masa ijin operasionalnya disegel Satpol PP Sukoharjo dalam sebuah operasi penertiban pasca libur Lebaran.

Informasi yang diperoleh hariankota.com, dari empat toko modern tersebut tiga diantaranya dibawah operasional Indomarco Prismatama atau dikenal luas dengan nama Indomaret.

Ketiganya berada di jalan Veteran Dukuh Jatimalang, Desa Joho, Kecamatan Mojolaban; Jalan Samanhudi No.59 Seliran, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo Kota; dan yang terakhir masih di Kecamatan Sukoharjo Kota, tepatnya di Kampung Sengon, jalan Raya Sukoharjo - Wonogiri.

Sedangkan satu toko modern lainnya yang disegel merupakan milik CV Eira Sukses Sejahtera berlokasi di jalan Gatot Subroto No.8 Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo Kota.

Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo dalam keterangannya melalui Kasi Penegakan Perda, Bima Hani Kusuma menyampaikan, pelaksanaan penutupan toko modern dalam rangka menindaklanjuti surat Kepala Disdagkop dan UKM Kabupaten Sukoharjo perihal peringatan dan penutupan toko modern.

"Sebelum dilakukan penutupan, kepada penanggung jawab toko kami memberikan penjelasan maksud dan tujuan kedatangan tim diantaranya terdiri Bagian Hukum Setda, Disdagkop dan tentunya Satpol PP sendiri, bahwa massa operasional toko telah habis," terangnya.

Mengingat saat ini berlaku Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 6 Tahun 2016 tentang moratorium ijin pendirian minimarket, maka terhadap toko modern yang habis massa berlakunya tersebut otomatis tidak bisa di perpanjang.

"Tindakan yang kami ambil adalah mensterilkan toko dari aktivitas perdagangan dengan menutup dan memasang pita segel atau line perda, dan kepada pramuniaga dan saksi seperti dari Bagian Hukum Setda, Disdagkop kami minta menandatangani berita acara penutupan," ujarnya.

Seperti diketahui, sejak terbitnya Perbup tentang moratorium ijin pendirian minimarket di Sukoharjo, sudah puluhan toko modern yang ditutup oleh Satpol PP lantaran habis massa ijin operasionalnya. Tujuan Perbup disebutkan salah satunya untuk melindungi usaha kecil masyarakat agar berkembang.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More