Rekomendasi

Kapolri: Polri Masih Terus Cari Dalang Kerusuhan 21-22 Mei

Kamis, 06 Juni 2019 : 19.30
Published by Hariankota
JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masih terus mencari aktor intelektual dibalik aksi rusuh pada 21-22 Mei lalu di Jakarta. Hal itu disampaikan langsung Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

"Ini sedang berjalan tim pencari fakta namanya saya sebut dengan tim investigasi internal Polri, dipimpin langsung oleh Irwasum (Inspektur Pengawasan Umum Polri)," kata Tito.

"Irwasum itu orang ketiga ya memang menangani bidangnya adalah bidang untuk pemeriksaan internal tapi paralel dengan Komnas HAM," terangnya melanjutkan.

Tim tersebut, sambung Tito, nantinya akan menggandeng lembaga Komnas HAM, Kompolnas dan Ombudsman dalam melakukan investigasi.

"Kami tidak ingin nanti dianggap eksklusif internal nutup-nutupin itu ya, jadi komnas HAM kita paralel yang juga memiliki tim investigasi. Kamu juga diawasi oleh kompolnas, nanti juga kami koordinasi dengan mungkin dengan yang terkait seperti Ombudsman," jelas Tito.

Pada kesempatan ini, Tito kembali menekankan, kerusuhan 21-22 Mei sangat berbeda dari tujuan aksi damai. Mengingat, adanya indikasi sekelompok orang sengaja membuat kerusuhan.

Apalagi, ditemukan barang bukti berupa adanya alat-alat yang disiapkan untuk melakukan penyerangan, seperti bom molotov, batu parang dan lainnya.

"Cukup terorganisir, kenapa? karena ada yang rata-rata dari luar kota banyak ini ada yang menggunakan ambulans lagi dua ambulans kami sita. Ambulans dua-duanya isinya peralatan medisnya tidak ada yang ada isinya parang, batu dan lain lain, ini juga lagi cek Siapa yang mengorganisir," pungkasnya.

Jurnalis: Nuraini

Editor: Jumali

Share this Article :