Rekomendasi

Kawanan Kera Serang Tanaman Warga Lereng Gunung Lawu

Rabu, 19 Juni 2019 : 13.08
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Sekawanan kera menyerang tanaman warga yang berada di sejumlah dusun di kecamatan Ngargoyoso. Kebun sayur warga yang diserang kawanan kera ini berada di di Dusun Tlobo, Dusun Melikan, Dusun Tanggal, Dusun Ngargoyoso serta Dusun Candi.

Informasi yang dihimpun hariankota.com melalui tim relawan Karanganyar Emergency, kera liar tersebut, menyerang tanaman warga berupa sayuran dan buah-buahan. Akibat serangan ini, para petani mengalami kerugian yang cukup besar.

“Serangan binatang kera kera tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu. Yang diserang adalah segala jenis tanaman dan buah-buahan,” ujar wakil komandan Karanganyar Emergency, Maryono, Rabu (19/06/2019).

Menurut Maryono, penyebab serangan kera yang turun dari hutan belantara gunung Lawu, diperkirakan populasi makanan saat musim kemarau ini tidak ada sehingga, kawanan kera tersebut kelaparan dan turun gunung memakan dan merusak tanaman para petani.

“Kami hanya menghimbau kepada warga yang memiliki kebun sayur dan buah-buahan, agar selalu mengawasi dan mmantau kera liar ini. Kami juga mengingatkan, agar tidak mendekat. Karena kera ini sangat ganas,” kata dia.

Sementara itu Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, melalui kapolsek Ngargoyoso, AKP Apin Sunu, kepada hariankota.com mengatakan telah menerima laporan dari warga.

Terhadap serangan kera ini, pihaknya bersama jajaran pemerintah kecamatan dan perangkat desa, melakukan pemantauan dan meminta warga untuk tidak mendekat jika ada kera yang masuk ke kebun.

“Kita memang menrima laporan jika ada sekawan kera yang merusak tanaman warga. Meski tidak banyak, serangan ini membuat warga was-was. Untuk mengantisipasi serangan selanjutnya, kami dari Polesk serta jajaran pemerintah kecamatan dan para perangkat desa, akan melakukan pemantauan.

Kami juga mengingatkan, agar warga tidak mendekat jika ada kera yang masuk ke kebun. Karena kera liar ini cukup ganas. Jika melihat ada kera, segera laporkan,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More