Rekomendasi

Laporan Tim Arus Mudik Lebaran Hariankota.com: Mendekati Lebaran, Arus Mudik di Sukoharjo Ramai Lancar

Sabtu, 01 Juni 2019 : 06.59
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sejumlah kendaraan pemudik, baik mobil pribadi maupun angkutan umum pada H- 4 Lebaran mulai memadati wilayah Kabupaten Sukoharjo, terutama di simpang tiga Tugu Kartasura yang mengarah ke Yogyakarta dan Wonogiri.

Kepadatan arus lalu lintas ini sebelumnya sudah diprediksi mengingat akses pintu keluar dan masuk tol Ngasem berada tak jauh dari simpang tiga Tugu Kartasura, sekira 1 kilometer jaraknya.

Kesibukan petugas dari Satlantas Polres Sukoharjo dibantu anggota TNI dari Kodim 0726/ Sukoharjo mulai terlihat sejak pagi hingga malam hari.

Mereka turun kejalan mengurai kepadatan agar tak terjadi penumpukan kendaraan yang berpotensi menyebabkan kemacetan lantaran disimpang tiga ini seringkali ada bus angkutan Lebaran menurunkan penumpang.

Terlibatnya anggota TNI membantu tugas kepolisian ini, menurut Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa dikatakan merupakan sebuah sinergi antara Polisi, TNI dan Muspida serta unsur stakeholder lainnya.

"Dalam hal ini, kami juga mengapresiasi langkah Muspida yang mau terjun bersama memantau arus mudik Lebaran di 4 Pospam yang ada," katanya kepada hariankota.com disela kunjungannya ke Pospam Mudik Lebaran bersama Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi di Kartasura, Jum'at (31/5/2019) malam.

Selain menempatkan anggota TNI ditiap Pospam, Dandim menyebutkan pihaknya bersama anggota Polri juga melakukan patroli secara rutin untuk memastikan keamanan selama pelaksanaan mudik Lebaran.

"Patroli tetap kami laksanakan. Ada dua kali dalam sehari. Waktunya, pagi ataupun siang kemudian malam hari dengan rute berubah - ubah. Itu untuk menjamin bahwa keamanan para pemudik selama memasuki wilayah Kabupaten Sukoharjo betul - betul terjaga," tegasnya.

Sementara, Wakil Bupati Sukoharjo, Purwadi menyampaikan, pihaknya sangat berkepentingan untuk memastikan kelancaran arus mudik mengingat Sukoharjo menjadi jalur keluar masuk lalu lintas kendaraan dari pintu tol Ngasem.

"Dengan keberadaan 4 Pospam itu, kami berharap perjalanan pemudik yang datang dari Jakarta menuju Yogyakarta, Wonogiri, Solo dan Sukoharjo maupun sebaliknya menjadi lancar dan aman," ujarnya.

Selain itu, mengingat saat ini masih sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan kelalaian para pengguna jalan, Purwadi menghimbau kepada masyarakat khususnya warga Sukoharjo di perantauan, sebisa mungkin jangan melakukan mudik menggendarai sepeda motor.

"Sepeda motor itu riskan sekali mengalami kecelakaan. Jadi saya menghimbau kepada warga Sukoharjo di perantauan yang ingin mudik, jangan pakai sepeda motor," tegasnya.

Jurnalis; Sapto Nugroho

Editor: Irawan

Share this Article :