Rekomendasi

Menengok Langenharjo Miniatur Keraton Kasunanan Surakarta Nasibmu Kini (2/habis)

Minggu, 16 Juni 2019 : 20.40
Published by Hariankota
Wisata pemandian air hangat Langenharjo merupakan tempat rekreasi keluarga Kraton Kasunanan kala itu. Pembangunan Pesanggrahan Langenharjo dimulai pada masa pemerintahan Sri Susuhunan Pakubuwono IX (1861-1893), tepatnya pada tahun 1870 M, dan selesai dibangun pada era kepemimpinan Sri Susuhunan Pakubuwono X (1893-1939), yakni tanggal 15 Juli 1931.


SAPTO NUGROHO - SUKOHARJO


BANGUNAN yang didalamnya berisi 6 kamar bak mandi, kondisinya sekarang memprihatinkan. Lebih sering kosong, sepi tak ada pengunjung.

Melihat pemandian air hangat Langenharjo saat ini, rasanya sudah sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan jaman dulu. Minimnya sarana dan prasarana pendukung yang menjadi magnet daya tarik menjadikan tempat ini seperti hidup segan mati tak mau.

Menurut Sunarno yang resmi menjadi juru kunci mewarisi orang tuanya sejak 2004 silam, sekarang tak ada lagi pengunjung yang hendak mandi/habis mandi berendam di bak air hangat duduk bersantai sambil menikmati sajian makanan khas seperti nasi pecel, nasi liwet dan makanan khas yang lain.

"Sakniki niku njagakne enten sing adus sedino siji mawon angel (Sekarang ini mengharapkan ada satu saja dalam sehari pengunjung yang mandi, sulit-Red)," tutur Sunarno yang harus menghidupkan mesin pompa tiap ada pengunjung yang akan berendam air hangat belerang dengan ongkos Rp 15 ribu / bak mandi.

Seperti diketahui, bangunan Pemandian Langenharjo pada tahun 1985 pernah mendapat dana rehabilitasi dari Provinsi Jawa Tengah untuk merehab kamar-kamar mandi. Dalam rehab ini ada salah satu ruangan yang tetap dipertahankan keasliannya hingga sekarang, letaknya pada deretan utara.

Selain itu, pada tahun 1996 Pemerintah Dati II Kabupaten Sukoharjo juga pernah memberikan bantuan untuk pengembangan sarana wisata berupa kolam renang mini, namun sayangnya sekarang tak berfungsi. Kondisinya mangkrak tak terawat.

Editor: Gunadi

(Jumali)
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More