Rekomendasi

Paripurna DPRD, FPKS Soroti Perencanaan Buruk Pemkab Karanganyar

Senin, 17 Juni 2019 : 17.06
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Karanganyar, menilai kinerja Pemkab Karanganyar, terutama dalam hal perencanaan, sangat buruk.

Hal ini dibuktikan dengan tingginya sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) setiap akhir tahun. Bahkan untuk tahun anggaran 2018, Silpa mencapai Rp221 miliar lebih.

Hal tersebut dikatakan ketua FPKS, Sri Hartono, kepada hariankota.com, usai mengikuti rapat paripurna, Senin (17/06/2019).

Menurut Sri Hartono, FPKS, dalam berbagai kesempatan, baik dalam pemandangan umum dan pendapat akhir fraksi, selalu mengingatkan dan memberikan tanggapan tingginya Silpa ini di setiap akhir tahun anggaran.

“Kami minta agar diperbaiki, tetapi selalu berulang. Dengan tingginya silpa ini, menunjukkan kinerja Pemkab, secara perencanaan kurang bagus. Angkanya selalu tinggi dan selalu berulang-ulang,” tandas Sri Hartono.

Sementara itu, dalam pendapat akhir terhadap Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2018, bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, APBD tahun 2018 ditetapkan sebesar Rp2,107 triliun.

Terealisasi sebesar Rp2,113 triliun. Sedangkan realisasi belanja, menurut bupati, sebesar Rp2.064 triliun.

Realisasi belanja tersebut, lanjut bupati, masih ditambah pembiayaan netto sejumlah Rp172,137 miliar. Dengan penambahan pembiyaan netto tersebut, maka sisa lebih penggunaan anggaran sebesar Rp221,485 miliar.

“Terhadap usul, saran dan pendapat dari para anggota Dewan, mengenai rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2018, kami perhatikan dan akan kami laksanakan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” ujar bupati.

Disisi lain, dalam rapat paripurna tersebut, berdasarkan hasil pantauan hariankota.com masih saja terdapat sejumlah kursi anggota DPRD yang kosong. Tidak diketahui secara pasti alasan ketidak hadiran para wakil rakyat ini untuk mengikuti rapat paripurna.

Menurut ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, dari 45 anggota DPRD yang ada, yang telah menandatangani absensi sebanyak 38 anggota.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More