Rekomendasi

Referensi Kuliner di Kampung Halaman: Lebaran di Sukoharjo Jangan Lupa Mampir Ayam Goreng Langganan Presiden Jokowi

Senin, 03 Juni 2019 : 20.05
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Musim mudik Lebaran, di Kabupaten Sukoharjo banyak tempat kuliner khas yang selalu ramai diserbu pembeli. Satu diantaranya adalah rumah makan ayam goreng kampung Mbah Karto langganan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah berdiri sejak tahun 1969.

Ciri khas ayam goreng Mbah Karto ini ada pada sambal blondonya. Sambel berwarna gelap terbuat dari endapan santan yang dimasak hingga berwarna kecoklatan lalu dicampur dengan cabe, gula merah, dan bumbu-bumbu lainnya ini konon jarang bisa ditemui.

Rasanya tidak sepedas seperti sambel bawangnya, cenderung gurih asin. Biasanya, sambel blondo disajikan bersama dua jenis sambal lainnya, ditambah lalapan seperti kecambah, daun kemangi, dan potongan mentimun.

"Ya itu memang dari Mbah Karto sendiri yang menamakan sambel blondo," terang Pauslan Sulur pengelola rumah makan Mbah Karto saat ditemui hariankota.com, Senin (3/6/2019).

Selain racikan bumbunya yang sangat gurih hingga meresap ke dalam daging, ternyata ayam dipilih dengan kriteria khusus yakni, ayam kampung kemanggang. Rata - rata dalam sehari bisa menghabiskan 200 hingga 300 ekor ayam.

Jumlah itu bisa bertambah jika hari libur atau musim mudik lebaran seperti sekarang ini. "Ayam kemanggang itu adalah jenis ayam kampung yang berusia 4 hingga 6 bulan, sehingga kalau dimasak dagingnya terasa empuk," jelas Pauslan.

Dengan suasana bangunan sederhana khas Jawa, ayam goreng Mbah Karto yang berada di Jl Jaksa Agung R Suprapto No.8, Jombor, Sukoharjo ini tak pernah sepi pembeli mulai buka jam 07.00 WIB hingga tutup Jam 19.00 WIB.

Lokasinya jika ditempuh dari Kota Solo sekira 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Selain ayam goreng, para pelanggan juga dapat memilih sajian menu minuman tradisional yang ditawarkan seperti es tape, es gula asem, dan juga es beras kencur.

Adapun untuk camilan ada tempe dan tahu goreng yang bisa dibeli sebagai lauk tambahan, serta beberapa jenis jajanan ringan oleh - oleh khas Jawa lainnya.

Untuk urusan harga dijamin sangat terjangkau. Para pelanggan dapat menikmati lezatnya ayam goreng kampung Mbah Karto dengan sambal blondonya cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 19 ribu, per paketnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Jumali

Share this Article :