Rekomendasi

Sidang Pra Peradilan Mantan Bupati Sragen, Kuasa Hukum Yakin Menang Melawan Kejari

Kamis, 27 Juni 2019 : 18.11
Published by Hariankota
SRAGEN - Tim kuasa hukum mantan bupati Sragen, Agus Fatchurrahman yang menjadi tersangka dalam kasus bagi-bagi dana Kasda dan saat ini ditahan oleh Kejaksaan negeri (Kejari) Sragen, mengaku siap menghadapi sidang perdana gugatan pra peradilan tehadap Kejari, yang akan digelar pada hari Jumat (28/06/2019).

Kuasa hukum Agus Fatchurrahman, Zam-Zam Wathoni, saat dihubungi hariankota.com, melalui telepon selularnya, Kamis (27/06/2019) mengatakan, secara formil dan materiil penetapan tersangka sangat janggal dan terkesan dipaksakan.

Hal ini, menurut Zam Zam dapat dilihat dari penetapan tersangka yang dilakukan pada tanggal 6 Desember 2018, sedankan surat penetapan seagai tersangka diterima oleh Agus Fatchurrahman tanggal 5 Desember 2018.

Dari sisi prosur, jelasnya, penerbitan surat tersebut tidak dibenarkan dan tidak megikat.

“Penetapan sebagai tersangka klien kami atas nama Agus Fatchurrahman, sangat janaggal, tidak masuk akal dan terkesan dipaksakan. Dari sisi prosedur penerbitan surat saja sudah tidak benar. Prinsipnya, kami siap menghadapi sidang pra peradilan ini,” ujarnya, Kamis (27/06/2019).

Ditambahkannya, selain dari sisi adiministrasi, kasus dana Kasda ini, juga telah memiliki kekuatan hukum tetap, uang kerugian negara sudah di kembalikan, para pelakunay juga sudah menjalani proses pemidanaan.

“Kasus dana Kasda ini kan sudah selesai. Pelaku sudah dieksekusi. Mau dicari apanya lagi.Jangan lah kesalahan dalam penuntutan atau hakim dalam memutuskan perkara, orang lain yang di salahkan.Klien kami juga punya mertabat sebagai mantan bupati,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, mantan bupati Sragen, Agus Fatchurrahman, yang saat itu menjabat sebagai wakil bupati mendampingi bupati Untung Wiyono, ditahan oleh Kejari Sragen.

Agus ditahan, karena diduga ikut menerima aliran dana korupsi kas daerah (Kasda) Sragen sebesar Rp 376 juta pada 2013. Saat ini, Agus ditahan di Lapas Klas II A Sragen.

Kasus dana bagi-bagi Kasda ini, sebelumnya menyeret mantan bupati Sragen, Untung Wiyono dan Kusharjono dan Sri Wahyuni. Ketiganya telah menjalani proses pemidanaan.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :