Rekomendasi

Tiket Pesawat Mahal, Pemkab DPRD Sama-Sama Lakukan Efisiensi

Selasa, 11 Juni 2019 : 19.23
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi beberapa bulan terakhir, membuat Pemkab Karanganyar dan DPRD setempat, sama-sama melakukan efisiensi.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, kepada hariankota.com usai rapat pariurna di gedung DPRD setempat, Selasa (11/06/2019) mengatakan, sejak awal tahun telah melakukan efisiensi terhadap kunjungan kerja yang menggunakan trasportasi udara.

Menurut bupati, kunjungan kerja yang dilakaukan, juga tidak terpengaruh dengan kenaikan harga tiket pesawat.

Pasalnya, jelas bupati, volume kunjungan kerja yang dilakukan oleh Pemkab Karanganyar, sangat sedikit fan tidak lebih dari 10 kali kunjungan kerja dengan menggunakan transportasi udara.

“Sejak awal tahun sudah kita lakukan efisiensi. Tertama untuk kunjungan kerja yang menggunakan transportasi udara, yang sejak awal sudah kita rancang,” kata bupati, Selasa (11/06/2019).

Untuk tahun anggaran 2019 ini, lanjut bupati, kepada masing-masing kepala organisasi perangkat daerah, dianggarkan biaya kunjungan kerja untuk hal yang menyangkut dinas terkait serta dalam hal mengambil keputusan.

“Kenaikan harga tiket ini, dalam setiap penetapan anggaran, kita sudah melakukan antisipasi. Ini sudah diantisipasi. Kita memiliha acara yang relevan dan substansif. Kalau sifatnya koordinasi dan tidak substansif, masih perlu kita dipertimbangkan,” ujar bupati.

Sementara itu, sekretaris DPRD Karanganyar, Sujarno menyatakan, kenaikan harga tiket pesawat sangat berpengaruh terhadap kunjungan kerja yang telah dirancang sejak awal.

Dengan kenaiakan harga tiket pesawat ini, ujarnya, tujuan kunjungan kerja yang telah direncanakan, tidak sesuai dengan anggaran yang tersedia.

“Kenaikan harga tiket pesawat jelas sangat berpengaruh dengan rencana kunjungan kerja anggota DPRD yang telah direncanakan. Akibatnya, tujuan kunjungan kerja tidak sesuai dengan anggaran. Tujuan tidak bisa yang melebihi anggaran,” jelasnya.

Ketika ditanyakan apakah akan melakukan perubahan anggaran untuk kunjungan kerja yang menggunakan transportasi udara, Sujarno, menegaskan, tidak akan melakukan perubahan. Karena, menurutnya, anggaran kunjungan kerja sudah ditetapkan.

“Tdak akan melakukan perubahan. Karena anggaran sudah ditetapkan. Dengan kondisi ini, kunjungan kerja DPRD, akan disesuaikan dengan anggaran dan memilih yang lebih efisien,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More