Rekomendasi

Tolak Imunisasi, Dua Kecamatan Jadi Perhatian Utama

Rabu, 26 Juni 2019 : 18.50
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Dua kecamatan di wilayah Karanganyar, menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan karena aksi penolakan imunisasi yang dilakukan sebagian warganya.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo, usai rapat pembentukan Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Imunisasi, Rabu (26/06/2019).

Menurut Cucuk Heru Kusumo, dua kecamatan yang paling banyak melakukan penolakan terhadap imunisasi adalah Desa Blumbang dan Kalisoro yang berada di kecamatan Tawangmangu, serta Desa Beruk, yang berada di kecamatan Jatiyoso.

“Proses penolakan menguat dan sudah samppai tahap mindset, bahwa melakukan imunisasi tidak sesuai dengan keyakinan. Setelah dicermati, yang menolak itu dari induk yang sama. Penolakan ini merambat secara perlahan,” kata Cucuk Heru Kusumo, Rabu (26/06/2019).

Dijelaskannya, peninggkatan penolakan untuk melakukan imunisasi ini, mendekati angka dua persen. Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya, namun belum membuahkan hasil yang cukup signifikan. Bahkan, lanjutnya, tim juga sudah dibentuk, namun belum bisa bergerak.

“Kita harus cermati kondisi ini. Yang dulunya hanya dua person, sekran penolkan mendekati hampir 2 persen. Kita harus mengulang kembali. Saat pembentukn forum, atas saran bupati, tim disiapkan, untuk mengunjungi masing-masing rumah," ujarnya.

"Jika tetap tidak mau, maka kita buatkan surat pernyataan yang berisi alasan penolakan, sehingga jika terjadi sesuatu, maka mereka juga haraus ikut bertanggungjawab, dan tidak serta merta menyalahakan pemerintah,” tandasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More