Rekomendasi

Tujuh Hari Tanpa Hasil, Pencarian Bule Amerika Hilang di Perairan Klungkung di Tutup

Kamis, 27 Juni 2019 : 18.01
Published by Hariankota
DENPASAR - Kantor Pencarian Dan Pertolongan Denpasar menghentikan operasi pencarian terhadap seorang wisatawan asing asal Amerika Serikat yang terseret arus dan hilang di Musroom Bay Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung.

Setelah melakukan pencarian selama tujuh hari ditambah lagi tiga hari terhadap korban, Aviv Meshil (23), sejak menerima informasi pada 17 Juni 2019 Pukul. 16.15 Wita, akhirnya operasi Tim SAR gabungan resmi dittutup.

Pencarian selama 7 hari mulai dari tanggal 17 juni 2019 hingga tanggal 23 Juni 2019 dengan melibatkan Tim SAR Gabungan serta pengerahan Alat Utama SAR laut dan udara.

Sesuai Berdasarkan Undang – Undang Republik Indonesia No. 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan yakni Bab VI pasal 34 ayat 1 ditegaskan bahwa pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan dilakukan dalam jangka waktu paling lama 7 hari.

Dimana hal itu disesuaikan dengan karakteristik kecelakaan, bencana dan atau kondisi membahayakan manusia.

Ayat berikutnya menjelaskan bahwa Operasi Pencarian Dan Pertolongan dapat di perpanjang atau dibuka kembali apabila ada informasi baru tanda – tanda mengenai ditemukannya korban, terdapat permintaan dari pihak perusahaan atau keluarga, dan terdapat perkembangan baru berdasarkan evaluasi Koordinator Misi Pencarian dan Pertolongan terhadap Operasi SAR.

"Setelah dilaksanakan evaluasi bersama antara Basarnas, Konsulat Amerika, keluarga korban serta Potensi SAR dan atas permohonan dari keluarga korban, maka upaya Pencarian dan Pertolongan di lanjutkan selama 3 hari hingga tanggal 26 Juni 2019," jelas Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Denpasar Hari Adi Purnomo dalam siaran pers, Rabu 26 Juni 2019.

Sampai saat ini, upaya pencarian dan pertolongan oleh Tim SAR Gabungan belum membuahkan hasil.

Dengan mempertimbangan faktor efisiensi dan evektivitas, untuk itu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar selaku SAR Mission Coordinator (SMC) menyatakan operasi SAR ditutup pada hari ini namun tetap dilaksanakan pemantauan dan koordinasi.

"Operasi SAR dapat di buka kembali apabila di temukan tanda - tanda penemuan korban," demikian Adi.

Jurnalis: Made Suganda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More