Rekomendasi

Volume Sampah Meningkat Selama Lebaran, DLH Sukoharjo Siapkan 128 TPS

Rabu, 12 Juni 2019 : 18.43
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Sebanyak 128 titik pembuangan sampah (TPS) telah disiapkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo untuk mengatasi kenaikan volume sampah selama libur Lebaran tahun ini, dimana angkanya mencapai 15 persen per hari.

"Volume sampah saat lebaran ada kenaikan sekitar 20 ton per hari," kata Agustinus Setiyono, Kepala DLH Sukoharjo kepada hariankota.com usai meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mojorejo, Bendosari, Rabu (12/6/2019).

Menurutnya, kenaikan volume sampah yang masuk ke TPA Mojorejo ini sudah berlangsung sejak H-7 hingga hari ini. Indikatornya adalah meningkatnya mobilitas armada pengangkut sampah.

"Kami memiliki 22 armada, jika hari biasa hanya dua kali perjalanan, namun saat lebaran ini meningkat hingga tiga sampai empat kali pengangkutan," jelasnya.

Pada hari biasa, TPA Mojorejo mendapat kiriman sampah sekira 140 ton per hari, yang berasal dari 12 kecamatan yang ada di Sukoharjo. Penyumbang sampah terbesar disebutkan Agus dari wilayah Kecamatan Grogol, Kecamatan Kartasura, dan Kecamatan Sukoharjo Kota.

"Kepadatan penduduk dan mobilitas di tiga kecamatan itu cukup tinggi. Oleh karenanya 128 TPS yang kami siapkan tersebut dimaksudkan juga untuk mengantisipasi terjadinya tempat sampah liar," ujarnya.

Dijelaskan, 128 TPS meliputi kontainer, dan titik layanan sampah tersebar di 12 kecamatan di Sukoharjo. Selain itu, untuk mengurangi volume sampah yang masuk di TPA Mojorejo, masyarakat juga dihimbau mampu mengolah sampahnya masing-masing.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More