Rekomendasi

11 Pejabat Berebut Posisi Jabatan Sekda Karanganyar

Kamis, 04 Juli 2019 : 18.39
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Sebanyak 11 pejabat di lingkungan Pemkab Karanganyar, mengikuti proses seleksi calon sekretaris daerah (sekda).

Baca: Jadi Korban Penipuan, Wanita Ini Tuduh Pejabat Masuk Angin

Para pejabat yang mengikuti seleksi tersebut masing-masing, Plt Sekda, Sutarno, Sekretaris DPRD, Sujarno, Kepala Inspektorat, Sucahyo, Kepala Disdikbud, Tarsa, Kepala Dinas Disdukcapil, Suprapto, Kepala Dinas Pertanian, Supramnaryo, Asisten Perekonomian, Siti Maesyaroch, Kepala BP4KB, Any Indrihastuti, Kepala BKPSDM, Siswanto, Kepala Disparpora, Titis Jawoto. Serta Kepala Kesbangpol, Agus Cipto Waluyo.

Ketua panitai seleksi, Tuhana, kepada hariankota.com serta awak media lain, disela-sela proses seleksi calon sekda, mengatakan, proses seleksi calon Sekda untuk menggantikan pejabat lama yang telah pensiun, sempat ditunda dua kali, karena hanya dua yang mendaftar.

Baca: Waduh, Tas Pejabat Kementan Hilang di Hotel Berbintang

Menurut Tuhana, berdasarkan regulasi, proses seleksi dapat dilakukan jika pendaftar minimal 4 orang atau lebih. “Sempat ditunda dua kali karena pendaftar hanya dua orang, padahal, sesuai dengan regulasi, pesertas eleksi minimal 4 orang,” kata Tuhana, Kamis (04/07/2019).

Dijelaskannya, berdasarkan hasil konsultasi ke gubernur Jawa Tengah dan atas rekomendasi dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN), proses pelaksanaan seleksi pelaksanaan seleksi jabatan pimpinnan tinggi pratama (JPTP) Sekretaris daerah Karanganyar, kembali dilakukan.

Baca: Dugaan Penipuan PNS Mantan Pejabat Sragen Dilaporkan Polisi

Pelaksanaan seleksi ini, lanjutnya, dilakukan dengan model surat Menpan RB tertanggal 31 Juli 2017, tentang tata cara seleksai, mutasi/rotasi jabatan JPTP Sekda.

“Salah satu syaratnya waktu itu usia 56 th, diubah menjadi 58 tahun dengan cara rotasi/mutasi. Dari proses identifikasi yang dilakukan oleh panitai seleksi, dari 25 JPTP berupa kepala dinas dan kepala badan, ada 11 orang JPTP yang berhak ikut seleksi calon sekda yang saat ini sedang berlangsung,” jelasnya.

Baca: Walah! Pakai Anggaran Hanya untuk Hadiri Pernikahan? DPRD Soroti Rombongan Pemkab ke Batam

Ditambahkannya, dari 11 peserta seleksi, akan diambil tiga orang dan hasilnya akan diserahkan kepada bupati Karanganyar, selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK) untuk dikonsultasikan kepada gubernur Jawa Tengah.

“Kami hanya merekomendasikan tiga peserta seleksi kepada bupati untuk dipilih. Siapa yang mau dipilih, itu terserah bupati. Selanjutnya dikosultasikan kepada gubernur dan hasil akhirnya, KASN merekomendasikan pelantikan sekda terpilih,” pungkasnya.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More