Rekomendasi

Api Nyaris Hanguskan Pabrik Briket Batubara

Selasa, 23 Juli 2019 : 18.01
Published by Hariankota
Foto Istimewa
KARANGANYAR - Pabrik pengolahan dan pengeringan briket batubara yang berada di jalan Lawu Km 9 atau tepatnya Dusun Jetak, Rt 03/Rw VI, Desa Dagen, Kecamatan Jaten dilalap si jago merah, Selasa (23/07/2019) sekitar pukul 10.00 Wib.

Bahkan kobaran api, nyaris menghanguskan CV Sastro Bricko, milik Suaryanto (43) tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Saat ini, aparat Kepolisian, masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran.

Informasi yang dihimpun hariankota.com serta menurut keterangan Herman, salah satu saksi mengatakan, saat itu sedang melakukan proses pengeringan briket dengan mesin oven. Ketika proses pengeringan berlangsung, Herman melihat kepulan asap dari dalam mesin oven.

Mengetahui ada kepulan asap, Herman memberitahu karyawan lain dan berupaya memadamkan api yang ternyata telah membakar mesin oven, sebagian karyawan lain, menghubungi pemadam kebakaran (PMK) Karanganyar.

Upaya pemadaman yang dilakukan karyawan dengan menggunakan pemadam sederhana, tidak membuahkan hasil.

“Kejadiannya sangat cepat. Saat proses pengeringan, saya melihat kepulan asap dari mesin oven. Ternyata kepulan asap tersebut dari kobaran api yang membakar mesin. Kami berupaya memadamkan api, namun tidak berhasil,” kata Herman, Selasa (23/07/2019).

Petugas PMK dan BPBD Karanganyar yang tiba di lokasi, langsung melokalisir api agar tidak merembet ketempat lain. Upaya pemadaman terus dilakukan. Satu jam kemudian, api baru dapat dipadamkan.

Sekretaris BPBD Karanganyar, Hendro Prayitno, mengatakan, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran.

“Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti dan saaat ini masih dalam proses penyelidikan aparat kepolisian. Yang jelas, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” tandasnya.

Jurnalis : Iwan Iswanda

Editor : Mahardika

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More