Rekomendasi

Api Padam, Status Darurat Bencana Kebakaran Hutan Gunung Panderman Belum Dicabut

Jumat, 26 Juli 2019 : 00.06
Published by Hariankota
KOTA BATU - Hutan Gunung Panderman Kota Batu yang terbakar telah berhasil dikendalikan tim gabungan sehingga mulai padam di hari keempat pemadaman. Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan meski sudah padam bara api tak sepenuhnya telah habis.

"Hingga kamis petang ini di tebing atasnya Parang Putih masih ada bara api, tapi karena medannya miring hingga 90 derajat sangat sulit dilakukan pemadaman manual," jelas Rochim, Kamis malam (25/7/2019).

Rochim menambahkan ada tiga titik api di kemiringan 90 derajat pada tebing atas kawasan Parang Putih. Untuk mengantisipasi penyebaran api, tim sudah membuat sekat agar api bisa meminimalisir kebakaran kembali.

"Upaya yang dilakukan adalah membuat sekat bakar agar api tidak menjalar dan semakin besar," lanjutnya.

BPBD bersama sejumlah elemen juga akan mengawasi titik - titik yang terbakar hingga Sabtu 27 Juli 2019 mendatang untuk kemudian dilakukan evaluasi kembali status kebencanaan kebakaran hutan.

"Masih kami monitor terus hingga Sabtu nanti, termasuk nanti kelanjutan status tanggap darurat ini dan pembukaan pendakian ke Gunung Panderman dan Butak," pungkasnya.

Sebelumnya kawasan hutan Gunung Panderman Kota Batu sempat terbakar hebat sejak Minggu malam 21 Juli 2019 sekitar pukul 19.45 WIB. Kebakaran yang diawali dari sisi timur Gunung Panderman ini kemudian terus merambat hingga sisi selatan dan telah menghanguskan hutan lindung seluas 70 hektar.

Jurnalis: Miadaada
Editor: Gunadi

Share this Article :