Rekomendasi

DPRD Tangsel Dalami Kasus Dugaan Pungli Pasca Dikuak Rumini

Kamis, 04 Juli 2019 : 07.38
Published by Hariankota
TANGSEL - Pemecatan guru honorer bernama Rumini (44) akhirnya mendapatkan sorotan dari pihak DPRD Tangerang Selatan. Melalui Komisi III, pihak DPRD menjadwalkan melakukan pemanggilan terhadap Walikota dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Baca: Awas! Kepala Sekolah Tak Transparan Kelola Dana, Siap-Siap Berhadapan Tim Saber Pungli

Termasuk dari pihak SDN Pondok Pucung 02, Pondok Aren ini pun akan dipanggil. Ketua Komisi II DPRD Tangsel, Ahmad Syawqi, menganggap persoalan dugaan pungli di SDN 02 Pondok Pucung, Pondok Aren, merupakan sebuah efek bola salju didunia pendidikan di Tangsel.

Pemanggilan itu dilakukan, kata Syawqi lantaran komisi II menerima banyaknya laporan dari publik, komunitas dan lainnya terkait adanya dugaan pungli.
"Kita tadi memintai keterangan apakah benar terjadi pungli di sekolah, kita melihatnya ini tidak parsial kalo kita bicara pendidikan itu semua sekolah di Tangsel. Dalam Permindukbud terkait sumbangan diperbolehkan, ada perbedaan pungutan dan sumbangan," terang Ahmad Syawqi saat ditemui sejumlah awak media, diruangannya, seperti diberitakan kricomnews.com (hariankota grup), Rabu (3/7/2019).

Terpisah, saat dikonfirmasi soal adanya dugaan pungli di SDN 02 Pondok Pucung, Pondok Aren, Kepala Disdikbud Tangsel Taryono membantah sumbangan itu dikategorikan sebagai pungutan atau pungli.
Menurut Taryono, adanya dugaan pungli di SDN 02 Pondok Pucung, jika melihat acuan Permendikbud nomor 75 tahun 2015 tentang komite sekolah, jelas diatur adanya sumbangan sukarela dibedakan dengan adanya pungli.

"Namanya pungli itu adalah sebuah kegiatan mengambil pembiayaan uang dalam bentuk lain yang sifatnya mengikat orang, mengikat jumlah dan mengikat waktu. Kalo yang sifatnya sumbangan sukarela itu boleh dan yang tidak boleh itu pungutan atau pungli," kata Taryono.
Informasi yang diperoleh kricomnews.com (hariankota grup), dalam rapat tertutup itu dihadiri komisi II DPRD Tangsel, Kepala Disdikbud Tangsel Taryono bersama jajarannya, serta Kepala Sekolah SDN 02 Pondok Pucung, dan komite sekolah setempat. (Gun/Aan)
Share this Article :

Berita Terbaru

Read More