Rekomendasi

Fadel Muhammad Ingin Peran DPD Lebih Maksimal Terhadap Pemerintah Daerah

Rabu, 10 Juli 2019 : 17.05
Published by Hariankota
KOTA MALANG - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad bicara mengenai penguatan peran DPD sebagai bagian dari lembaga legislatif di Indonesia.

Hal ini sampaikan saat menjadi pembicara pada Focus Group Discussion (FGD) mengenai peran DPD bersama akademisi dan mahasiswa di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB), pada Rabu (10/7/2019).

"Penguatan kelembagaan DPD harus dilakukan. Memang kalau mengubah undang-undang susah. Jadi perannya yang harus diperkuat," ungkap Fadel Muhammad.

Menurutnya, dalam kepentingan daerah DPD berperan besar, namun selama ini peran tersebut tak begitu terlihat. Bahkan banyak masyarakat yang belum mengetahui atau mengenal DPD.

"Berdasarkan survei penelitian Charta Politik, dari 800 masyarakat yang dijadikan sampel. Hanya 11,3 persen yang percaya DPD. Sedangkan sisanya 40,5 persen tidak percaya, dan 22 persen tidak tahu DPD," tutur mantan Menteri Perikanan dan Kelautan di era Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

Oleh karenanya, Fadel berharap DPD mampu memberikan peran aktif kepada pemerintah daerah, sehingga kepentingan daerah dapat terwakili di DPD.

"Ada hubungan kerja antara kepala daerah dengan DPD. Supaya pemerintah daerah merasa ada wakil di pemerintahan pusat," tambahnya. Di sisi lain Akademisi FIA UB Andy Fefta Wijaya, mengatakan proses desentralisasi belum sepenuhnya menjangkau masyarakat di daerah tingkat bawah.

"Selama ini lebih banyak memberikan hak dan keuntungan kepada kepala daerah. Seharusnya sektor masyarakat busa diberikan peran yang riil dalam hal menyuarakan aspirasi dan mengoreksi hingga mengawasi apakah aspirasi sudah dieksekusi daerah maupun pusat," ungkapnya.

Andy juga mengingatkan peran DPD yang seharusnya bisa tampil lebih baik di tengah citra buruk yang terekam oleh masyarakat di DPR.

"Dengan berperannya DPD, saya tidak berharap kinerjanya seperti DPR yang lama. Kalau begitu kan bisa menjadi beban. DPD juga harus berperan sebagai penguat dan menjadi check and balance," pungkasnya.


Jurnalis: Miadaada

Editor: Mahardika

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More