Rekomendasi

Hari Petama Masuk Sekolah, Orang Tua Masih Dampingi Anaknya Ke Sekolah

Senin, 15 Juli 2019 : 18.06
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Pada hari pertama masuk sekolah di SMK Negeri Ngargoyoso, Karanganyar, Senin (15/07/2019), ratusan orang tua terlihat hadir mendampingi para putera-puteri mereka. Para orang tua ini, bahkan ikut menyaksikan anak-anak mereka upacara.

Kondisi ini, tentu sangat diluar kebiasaan. Pasalnya, para orang tua ini, justru mengantarkan anaknya yang sudah remaja ke sekolah tingkat menengah. Lain halnya, jika yang dianatar adalah anak yang baru masuk sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Salah satu orang tua siswa, Lanjar Pamungkas, mengatakan, senegaja mengantar anaknya ke sekolah, untuk memberikan dorongan semangat agar dapat mengiktui pendididkan dengan baik.

“Kehadiran orangtua ini adalah untuk memberikan motivasi kepada anak-anak yang akan masuk sekolah baru.Bukan berarti anak-anak takut sekolah. Kami ini memberikan semangat agar anak-anak rajin belajar dan dapat mengiktui pendidkan dengan baik,” katanya, Senin (15/07/2019).

Sementara itu, kepala SMK Negeri Ngargoyoso, Sri Eka Lelana, mengatakan, memang sengaja mengundang para orang tua untuk hadir pada hari pertama masuk sekolah.

“Kita sengaja mengundang para orang tua siswa. Kami berharap, agar anak mendapatkan motivasi lebih. Selain itu, agar para orang tua lebih dekat dengan sekolah dan mengetahui bagaimana pendidkan yang diterapkan oleh sekolah,” jelasnya.

Pada hari pertama masuk sekolah ini, diawali dengan ziarah ke makam pahlawan yang ada di lokasi setempat, seta melakukan napak tilas berdirnya sekolah yang berada di lereng gunung Lawu ini. Disisi lain, hari pertama masuk sekolah, juga sempat merepotkan para orang tua.

Para Orang tua yang mengantar anaknya masuk sekolah pertama kali di Sekolah Dasar (SD). Bahkan salah satu orang tua siswa harus terlambat masuk kantor untuk menunggu buah hatinya masuk sekolah.

“Kalau dikatakan repot, tidak juga mas. Ini kan sudah menjadi kewajiban meski harus terlambat masuk kantor. Ada sedikit kekhawatiran juga, apa lagi pertama masuk SD. Kalau mau ditinggal kasihan juga. Ya harus saya tunggu,” ujar Ainun, salah satu orang tua siswa salah satu SD di Karanganyar.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Rahayuwati

Share this Article :