Rekomendasi

Jenazah Sutopo BNPB Bakal Dibawa Ke Kampung Halaman di Boyolali

Minggu, 07 Juli 2019 : 19.41
Published by Hariankota
BOYOLALI - Sejumlah karangan bunga ucapan duka cita mulai berdatangan di rumah orang tua almarhum Sutopo, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jalan Jambu RT 07/RW 09 Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan/ Kabupaten Boyolali, Minggu (7/7/2019) siang.

Kesibukan menyambut kedatangan jenazah dirumah tersebut terlihat dengan mulai berdatangannya para tetangga, dan para relawan kemanusiaan dari beberapa komunitas yang ada di Solo Raya.

Tak ketinggalan Dandim 0724/Boyolali Letkol kav Herman Tariyaman serta perwakilan pejabat Pemkab Boyolali juga datang ke rumah duka untuk mengkonfirmasi ihwal rencana kedatangan jenazah almarhum Sutopo ke rumah duka di Boyolali.

Informasi yang diperoleh hariankota.com, direncanakan, jenazah Sutopo setelah hari ini diterbangkan dari China menuju Jakarta, pada keesukan paginya atau Senin (8/7/2019) akan diterbangkan ke Boyolali untuk dimakamkan.

Salah satu perwakilan keluarga Ahmad Jatmiko mengatakan, keluarga pertama kali mendapatkan kabar meninggalnya Sutopo dari istri Sutopo sendiri yakni, Retno Utami Yulianingsih.

"Dari sang istri mas Sutopo. Disampaikan ke Bapak Suharsono dan Ibu Sri Rosmandari, dini hari tadi dikabarinya," terang Ahmad yang merupakan suami dari adik kandung Sutopo.

Pria yang pernah mendapat anugerah Asian Of The Year 2018 ini meninggal saat tengah menjalani pengobatan penyakit kanker paru - paru yang dideritanya di Guangzhou, China. Sutopo meninggal sekira pukul 02.00 dini hari waktu setempat atau sekira pukul 01.00 WIB.

Ahmad menyampaikan, sesuai rencana setelah tiba di Indonesia (Jakarta-Red), jenazah Sutopo akan disemayamkan terlebih dulu di rumah duka yang berada di Depok, Jawa Barat.

Setelah semalam disemayamkan, selanjutnya pada keesokan harinya akan diterbangkan ke Boyolali menuju ke rumah orang tuanya sebelum dimakamkan di TPU Sonolayu yang berjarak sekira 500 meter dari rumah duka.

"Nanti sebelum dimakamkan akan disemayamkan di sini dulu (rumah orang tua-Red)," imbuh Ahmad.

Sementara itu, sebagai bentuk penghormatan terakhir atas dedikasi Sutopo selama ini di bidang kemanusiaan, rencananya para relawan kemanusian dari BNPB dan BPBD akan melakukan prosesi upacara sebelum pemakaman.

"Nanti ada upacara dari BNPB dan BPBD untuk penghormatan kepada beliau karena semasa sakit dedikasinya tetap tinggi untuk kemanusiaan," pungkas Ahmad.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Jumali

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More