Rekomendasi

Kerbau Bule Keramat Milik Keraton Surakarta Lahirkan Seekor Betina

Rabu, 17 Juli 2019 : 19.59
Published by Hariankota
SOLO - Kerbau bule betina keturunan Kyai Slamet milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Nyai Paing baru saja melahirkan seekor kerbau berjenis kelamin betina.

Dalam rilis yang diterima hariankota.com, Rabu (17/7/2019), KRMH Aditya Soerya Herbanu selaku pengelola alun-alun selatan dan kerbau keturunan Kyai Slamet, mengatakan kerbau yang baru lahir tersebut diberi nama Nyai Sela.

"Lahir dikandang yang berada di alun - alun selatan pada Selasa (16/7/2019) kemaren sekira pukul 12.00 WIB. Yang memberi nama adalah Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari," terangnya.

Nyai Sela menjadi kelahiran kedua kerbau koleksi keraton di tahun 2019 ini. Sebelumnya pada, jumat (3/7/2019) silam, Nyai Ngatmini, kerbau betina keturunan Kyai Slamet lainnya juga melahirkan keturunan dengan jenis kelamin yang sama dan diberi nama Nyai Jumi.

Pemberian nama itu dilakukan melalui sebuah syukuran atau selamatan dan do'a yang dipimpin seorang ulama dari keraton, empat hari setelah kelahiran Nyai Jumi atau pada selasa (7/5/2017). Demikian juga dengan kelahiran Nyai Sela, rencananya juga akan dilakukan syukuran dan do'a.

Dengan lahirnya Nyai Sela maka kerbau bule keturunan Kyai Slamet yang kini ditempatkan pada sebuah kandang yang berada di kawasan alun - alun selatan jumlahnya menjadi 19 ekor.

Jurnalis : Sapto

Editor : Mahardika

Share this Article :