Rekomendasi

Ketika Anak-Anak Menangis Histeris di Sunatan Massal Hari Bhakti Adhyaksa

Selasa, 09 Juli 2019 : 15.42
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Jerit tangis sejumlah bocah laki - laki bergantian terdengar saat berlangsung acara khitanan massal Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 di aula Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo, Selasa (9/7/2019).

Kegiatan hasil kerja sama dengan RSUD Ir Soekarno Sukoharjo, sekaligus memperingati HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke XIX Tahun 2019 Kejari Sukoharjo ini diikuti puluhan peserta. Sebagian besar berasal dari keluarga kurang mampu di wilayah Sukoharjo.

Alfian Dicky Pamungkas (11), salah satu peserta khitan massal mengaku, semula dia cemas dan ketakutan membayangkan rasa sakit yang bakal dideritanya saat namanya dipanggil masuk aula untuk dikhitan.

Bocah yang baru saja naik kelas 5 Sekolah Dasar (SD) ini akhirnya berhasil melawan rasa takut. Usai dikhitan, dia terlihat berjalan tertatih keluar dari aula sambil memegangi sarung yang dililitkan ke pundaknya.

"Rasanya tadi seperti digigit semut," ungkapnya datar saat ditanya seperti apa rasanya dikhitan.

Kepada hariankota.com, Giyarti (45), orang tua Alfian mengaku bersyukur bisa mengkhitankan anaknya tanpa harus keluar biaya. Ia pun langsung mendaftar begitu mendapat informasi tentang kegiatan khitan gratis ini.

“Saya dapat kabar ada khitanan massal dari brosur yang dibagikan di kampung. Makanya langsung daftar, mumpung anak belum masuk sekolah,” ungkapnya.

Terkait kegiatan, Ketua Panitia Ari Prasetya Panca Atmaja yang akrab dipanggil Panca mengatakan, acara khitanan massal merupakan aksi kepedulian untuk membantu masyarakat khususnya keluarga kurang mampu di wilayah Sukoharjo.

“Kegiatan khitanan untuk anak-anak ini merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa atau hari ulang tahun Kejaksaan yang ke 59,” ujarnya, disela-sela acara.

Selain itu, kegiatan khitanan massal tersebut juga dinilai mengandung nilai keagamaan dan kesehatan. Kalau dalam hubungan dengan Agama Islam, sunat itu wajib bagi laki-laki.

"Alhamdulillah peserta khitanan massal yang kami selenggarakan ini sesuai target. Jumlahnya telah terpenuhi sebanyak 60 orang," pungkas Panca yang juga menjabat Kasi Perdatun Kejari Sukoharjo ini.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More