Rekomendasi

Kirab Budaya, Wujud Rasa Syukur Warga Desa Kemuning

Sabtu, 27 Juli 2019 : 20.12
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Sebagai salah satu bentuk rasa syukur, warga RW 24 Duusun Ngetrep, Milir dan Gondangrejo, Desa Kemuning, kecamatan Ngargoyoso, akan melakukan kirab budaya dan Prosesi Bedayan Pucuk Putri, pada tanggal 30 Juli 2019 mendatang.

Acara yang digagas oleh Komunitas Budaya dan Pariwisata Kampung Kodok, Kemuning tersebut, selain sebagai rasa syk]ukur, juga penghormatan kepada warisan leluhur berupa kebun teh.

Prosesi budaya ini, juga merupakan salah satu upaya yuntuk mengangkat budaya lokal yang tidak bertentangan dengan agama dan norma sosial yang berlaku di masyarakat.

Ketua panitia kirab budaya, Priyanto Kromo Wiryo, kepada hariankota.com serta awak media lain, Sabtu (27/09/2019) mengatakan, teh selama ini telah memberikan banyak manfaat dan kenikmatan bagi masyarakat Kemuning dan sekitarnya.

Menurutnya, teh mengandung unsur kehidupan. Dalam setiap batang teh, ada 70 liter air yang tersimpan di dalamnya. Maka tidak berlebihan jika Ngargoyoso merupakan salah satu sumber air yang tidak pernah habis.

“Teh mengajarkan kita nilai-nilai kehidupan. Daun teh, meski dipetik setiap hari, dia akan tetap tumbuh. Tidak menyerah meski pucuknya dipetik setiap hari. Semakin dipetik, maka akan muncul daun muda yang lebih indah.

Lebih dari itu, pohon teh telah membebaskan masyarakat jauh dari krisis dan kemelaratan berkat akarnya yang mengikat air, sehingga ketersediannya selalu melimpah,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam prosesi budaya Bedayan Pucuk Puteri ini, akan menampilkan tarian tradisional yang dibawakan oleh 9 orang penari yang masih gadis. Hal ini, menurut Priyanto, bahwa angka 9 menggambarkan angka istimewa, sedangkan gadis, melambangkan kesucian.

“Tarian ini menggambarkan aktifitas warga Desa Kemuning yang telah beraktifitas sejak pagi. Mereka bekerja memetik daun teh yang dikenal dengan tiga pucuk puteri yang melambangkan keselarasan hidup,” tandasnya.

Jurnalis : Iwan Iswanda

Editor : Mahardika

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More