Rekomendasi

KPU Sukoharjo Kembali Tunda Penetapan Hasil Pemilu DPRD 2019

Selasa, 23 Juli 2019 : 07.10
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Sukoharjo Pemilu 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo ditutup dengan hasil baru sebatas pembacaan perolehan suara dan perolehan kursi DPRD.

Rapat yang dihadiri lima komisioner Bawaslu Sukoharjo, saksi perwakilan parpol peserta pemilu dan pejabat terkait di kantor KPU Sukoharjo, Senin (22/7/2019) sore ini, usai pembacaan perolehan suara dan perolehan kursi DPRD kemudian ditutup sekira pukul 19.35 WIB.

Kepada hariankota.com, Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda menyampaikan, belum ditetapkannya perolehan suara dan kursi anggota DPRD terpilih lantaran dalam sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Senin 22 Juli 2019 Kabupaten Sukoharjo terkait adanya gugatan parpol di Dapil V Jateng.

Penetapan baru bisa dilaksanakan setelah MK menggelar sidang putusan akhir pada Agustus mendatang.

"Semula di dapil Jateng V (Sukoharjo, Klaten, Boyolali dan Surakarta) bukan di Sukoharjo ada gugatan dari PAN tapi itu sudah dicabut. Namun itu sudah masuk BRPK (Buku Registrasi Perkara Konstitusi) di MK.

Selain itu juga ada gugatan dari Partai Berkarya, tapi telah masuk pada putusan sela atau dismissal (perkara yang tidak dilanjut). Sehingga hari ini kami belum bisa melakukan penetapan," ujar Nuril.

Menurut Nuril penetapan perolehan suara dan perolehan kursi DPRD Kabupaten Sukoharjo baru bisa dilaksanakan pihaknya menunggu hasil sidang putusan akhir MK yang akan berlangsung antara tanggal 5-9 Agustus mendatang.

"Mengingat locus gugatan itu bukan di Sukoharjo, maka untuk kebutuhan teknis tentang nama - nama caleg terpilih, kami akan segera berkirim surat ke Sekretariat Dewan menyampaikan bahwa tidak ada perubahan. Semua sesuai dengan hasil yang dibacakan hari ini," tandas Nuril.

Seperti diketahui permohonan sidang gugatan hasil pemilu yang tidak dinyatakan dismissal dan tidak pula dinyatakan lanjut oleh MK, maka tidak perlu menempuh sidang pemeriksaan saksi /ahli dan pembuktian, tetapi akan diputuskan MK dalam sidang putusan akhir.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :