Rekomendasi

Mantan Dekan FH UNS Daftar Capim KPK, Ini yang Dilakukan Jika Terpilih

Rabu, 17 Juli 2019 : 20.04
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof.DR. Supanto, SH. M.Hum, lolos seleksi tahap pertama sebagai calon anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bersama 190 an peserta lainnya, pakar hukum pidana UNS ini, lolos seleksi ke tahapan selanjutnya, berupa uji kompetensi.

Ditemui dikediamannya yang berada di Jalan Wijaya Kusuma, Perumahan Jaten Permai Indah (JPI) Desa Jaten, Kecamatan Jaten, Karanganyar, pria yang menjabat sebagai Dekan FH UNS periode 2014-2019 ini, kepada hariankota.com, mengatakan, jika pencalonannya tersebut atas dorongan dan dukungan dari sesama rekannya di UNS serta bebagai tokoh masyarakat yang ada.

Jika ingin memberantas korupsi, jelasnya, maka harus mamasuk ke dalam sistem, dalam hal ini di KPK.

“Kaki di UNS kan memiliki pusat studi transparansi public dan anti korupsi. Dari berbagai diskusi yang kami lakukan, berbagai upaya pemberantasan korupsi ini, harus terus diupayakan.

Untuk itu, para akademisi ikut beperan aktif dan terlibat langsung dalam upaya pemberantasan korupsi, melalui sebuah lembaga yang dinamakan KPK, sehingga diharapkan pemberantasan korupsi ini bisa lebih maksimal lagi,” kata Supanto, Rabu (17/07/2019).

Apa yang dilakukan, ketika nantinya terpilih sebagai salah satu komisioner KPK, Supanto lebih menekankan pada sinergitas antar penyidik yang ada, baik dari Kepolisian maupun Kejaksaan, membangun kapasitas building kelembagaan dan mengedpankan pencegahan terhadap perilaku korupsi.

“Kita nantinya akan lebih menekankan pada sinergitas antar penyidik dan lebih mengedapankan pencegahan. Tentu ini pekerjaan yang tidak mudah dan diperlukan kerjasama dengan semua elemen masyarakat,” ujarnya.

Jurnalis :Iwan Iswanda

Editor : Mahardika

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More