Rekomendasi

Mengharukan, Pejabat dan Masyarakat Jalan Kaki Antar Jenazah Sutopo BNPB ke Pemakaman

Senin, 08 Juli 2019 : 14.05
Published by Hariankota
BOYOLALI - Pelayat dari beragam latar belakang, TNI, Polri ASN, relawan kemanusiaan hingga masyarakat biasa, larut dalam keharuan saat mengantar jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, ke makam TPU Sasonolayu, Boyolali, Senin (8/7/2019).

Setiba dari bandara Adi Sumarmo, Boyolali sebuah prosesi adat tradisional dan upacara kenegaraan dengan peserta ASN dan relawan kemanusiaan BNPB dan BPBD dilakukan di rumah duka di Dusun Surodadi RT 07/RW 09, Siswodipuran, Boyolali.

Pantauan hariankota.com, sejumlah pejabat seperti Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo hadir membaur bersama kerabat dan warga sekitar.

Mereka larut dalam kesedihan saat turut mengantar jenazah ke TPU yang berjarak sekira 500 meter dari rumah duka dengan berjalan kaki.

"Kepergian Sutopo membuat keluarga besar BNPB merasa kehilangan. Almarhum adalah sosok militan dalam bekerja sebagai ASN," kata Doni usai pemakaman kepada awak media.

Dalam kondisi menderita sakit, Sutopo seperti dituturkan Doni, masih senantiasa menjalani tugasnya, dengan segala kemampuan yang dimiliki untuk menginformasikan kebencanaan. Menurutnya, Sutopo bekerja dengan hati.

Dalam perjalanan pengobatan atas penyakit kankernya di China, disebutkan Doni, kondisi Sutopo semula sempat membaik pada tiga pekan setelah menerima perawatan di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, China.

"Tiga minggu Pak Topo berada di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, beberapa hari terakhir menunjukkan kemajuan, penyembuhan," ujarnya.

Namun pada akhirnya, takdir berkata lain, sosok yang pernah mendapat anugerah Man Of The Year 2019 ini meninggal di Guangzhou China, Minggu (7/7/2019), sekira pukul 02.00 waktu setempat atau sekira pukul 01.00 WIB.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More