Rekomendasi

Meski Belum Ditetapkan KPU, Caleg Terpilih Mulai Ukur Jas

Selasa, 23 Juli 2019 : 17.30
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Para calon anggota legislatif (caleg) terpilih DPRD Karanganyar periode 2019-2024, mulai melakukan pengukuran jas yang akan digunakan saat pelantikan sebagai wakil rakyat yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2019 mendatang.

Pantauan hariankota.com, sejumlah anggota DPRD yang terpilih kemebali sebagai wakil rakyat, terlihat mengukur jas di ruang OR, Selasa (23/07/2019). Saat pengukuran, belum terlihat caleg wajah baru yang nantinya akan mengemban amanah sebagai wakil rakyat selama lima tahun ke depan.

Kepala sub bagian (Kasubag) persidangan sekretariat DPRD Karanganyar, Joko Waluyo, kepada hariankota.com, mengatakan, anggaran untuk pengadaan jas bagi 45 anggota DPRD terpilih ini, sekitar Rp200 juta. Sedangkan untuk pelantikan, pihaknya menganggarkan sebesar Rp152 juta.

“Kita memang sudah mulai melakukan pengukuran jas bagi caleg terpilih, baik incumben maupun caleg terpilih yang baru. Kita sengaja menyiakna dari awal, karena memang sudah kita anggarkan,” kata Joko.

Menurut Joko, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD yang baru, masih menunggu keputusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar.

“Kita masih menunggu penetapan anggota DPRD Karanganyar terpilih. Setelah ada keputusan resmi, baru dilakukan pengambilan sumpah jabatan,” jelasnya.

Sementara itu, Rohadi Widodo, salah satu caleg terpilih, saat dihubungi hariankota.com, melalui telepon selularnya, mengaku masih menunggu pemberitahuan resmi dari Sekretariat DPRD Karanganyar.

“Sampai sekarang belum ada pemberitahuan. Lagi pula, KPU kan belum menetapkan caleg terpilih untuk DPRD Karanganyar. Ya kita tunggu sajalah,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, KPU Karanganyar, belum melakukan rapat pleno penetapan calon anggota legislatif (caleg) terpilih untuk DPRD Karanganyar, hasil pemilihan umum legislatif yang digelar secara bersamaan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden, yang berlangsung pada tanggal 14 April 2019 lalu.

Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari, kepada hariankota.com, melalui telepon selularnya, menyatakan, belum ditetapkannya caleg terpilih hasil pemilihan umum tahun 2019 ini, karena masih ada proses hukum perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Proses hukum yang diajukan oleh salah satu partai politik tersebut, jelas Trias, saat ini masih terus berlangsung.

Jurnalis : Iwan Iswanda

Editor : Mahardika

Share this Article :