Rekomendasi

Mulai Gubernur, Ratusan Relawan dan Warga Masyarakat Iringi Prosesi Pemakaman Sutopo BNPB

Senin, 08 Juli 2019 : 10.45
Published by Hariankota
BOYOLALI - Suasana duka mengiringi prosesi pemakaman Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Taman Pemakaman Umum (TPU) Sasono Layu, Boyolali.

Pantauan kricomnews.com (hariankota grup) jenazah pahlawan kemanusiaan yang begitu dekat dengan para wartawan ini diberangkatkan dari rumah duka, sekira pukul 8.30 WIB. para relawan, hingga ASN termasuk Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun ikut mengiringi pemakaman Sutopo di peristirahatan terakhirnya.

Sebelum pemberangkatan jenasah ke tempat peristirahatan terakhirnya di TPU Sasanalayu Boyolali diawali dengan upacara kenegaraan. Termasuk juga upacara adat tradisional berupa brobosan.

Upacara brobosan dilakukan di bawah peti jenasah Sutopo yang berselimutkan bendera Merah Putih yang dilakukan pihak keluarga.

Keterangan dari Ahmad Jatmiko, adik ipar almarhum Sutopo sampaikan sebelumnya ada upacara tradisional berupa brobosan yang dilakukan oleh keluarga besarnya untuk melepas Sutopo yang terakhir kalinya menuju peristirahatan abadi.

"Upacar brobosan sebagai penghormatan terakhir dari keluarga kepada orangtua dan leluhur mereka yang telah mendahului," jelasnya, Senin (8/7/2019).

Setelah upacara brobosan berakhir jenasah almarhum langsung dibawa ke TPU Sasanalayu untuk dimakamkan. Setibanya di pakaman, digelar upacara pelepasan oleh tim dari BNPB dan juga BPBD Solo Raya.

Bertindak sebagai inspektur upacara kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo yang membacakan riwayat singkat almarhum Sutopo Purwo Nugroho.

Setelahnya diiringi dengan doa jenasah Sutopo yang dikenal ramah dan pantang menyerah ini dikebumikan di tanah kelahirannya Boyolali.

Sutopo meninggalkan seorang istri Retno Utami Yulianingsih, dua orang putra, yakni Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

Sebelum meninggal Sutopo menjalani pengobatan ke Guangzhou, China karena kanker paru-paru selama sebulan sejak 15 Juni lalu. Namun ditengah pengobatan yang dijalaninya Sutopo meninggal dunia di Guangzhou, China, Minggu pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB.

Editor: Gunadi

Share this Article :