Rekomendasi

Pendaftar Tembus 26.417, UMS Mulai Gelar Masta PMB

Senin, 22 Juli 2019 : 18.13
Published by Hariankota
SUKOHARJO – Ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) secara bergelombang mulai mengikuti Masa Ta'aruf dan Penyambutan Mahasiswa Baru (Masta PMB). Ini merupakan kegiatan rutin tahunan dan merupakan hal inti dan wajib.

Rektor UMS Sofyan Anif yang hadir langsung menyambut peserta Masta PMB di Gedung Induk Siti Walidah komplek kampus setempat, Senin (22/7/2019) menyampaikan, agar para mahasiswa baru berlomba - lomba menorehkan prestasi melalui kegiatan di kampus UMS.

"Kita berada dikampus yang besar, jadi berbangga dan berprestasilah. Muhammadiyah adalah organisasi yang besar dan sudah mendunia," pesan Rektor kepada mahasiswa baru peserta Masta PMB.

Sementara, Wakil Rektor III UMS Bidang Kemahasiswaan, Taufik Kasturi, menjelaskan, Masta PMB dimulai, dari Senin 22 Juli ini hingga Kamis 22 Agustus mendatang.

"Jadi secara kesulurahan, pada tahun ini tercatat ada 26.417 calon mahasiswa baru yang telah mendaftar. Meningkat dari tahun sebelumnya," terangnya kepada hariankota.com dan awak media lain.

Jumlah sebanyak itu menurut Taufik merupakan yang tercatat sejak dibuka pendaftaran hingga mendekati akhir bulan Juli ini. Target yang dipatok kampus hingga 24 Agustus mendatang ada sekira 9 ribu mahasiswa baru yang bakal lolos seleksi untuk selanjutnya mengikuti Masta PMB.

"Untuk saat ini yang sudah lolos seleksi jumlahnya mendekati angka 6.000 orang. Untuk target, masih sama seperti tahun sebelumnya yakni sekira 9 ribu mahasiswa baru," ujarnya.

Dalam Masta PMB UMS dijelaskan Taufik, ada delapan gelombang dengan tiap-tiap gelombang diikuti sekira 1.000 sampai 1.200 mahasiswa baru. Untuk penyelenggaraan perdana dimulai dari Fakultas Teknik dan FKIP Masta PMB tiap gelombang dilaksanakan selama dua hari di tingkat universitas.

Selanjutnya dilanjut pengenalan organisasi kemuhammadiyahan atau Masta IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) juga selama dua hari dengan pelaksana di tingkat fakultas masing-masing.

"Grand opening Masta-PMB akan dilaksanakan pada 14 Agustus mendatang dan dilanjutkan Expo UKM dan pengenalan Organisasi Mahasiswa (Ormawa), sehingga mahasiswa baru bisa memilih salah satu kegiatan sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya," imbuh Taufik.

Ditegaskan Taufik, Masta PMB wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru, karena ini sebagai salah satu syarat kelulusan salah satu mata kuliah lifeskill.

"Jika tidak bisa harus ada alasan yang jelas, seperti sakit dan tahun depan harus ikut. Masta PMB ini dibuat dengan menyenangkan, tidak ada bentakan, baris berbaris atau disuruh bawa yang macam - macam. Tempatnya indoor dan ber AC,” pungkasnya.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Rahayuwati

Share this Article :