Rekomendasi

PPDB SMP Karanganyar 2019, Puluhan Sekolah Belum Penuhi Quota

Jumat, 05 Juli 2019 : 19.39
Published by Hariankota
KARANGANYAR - Hingga berakhirnya proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP tahun ajaran 2019, pada hari Kamis (04/07/2019), sebanyak 29 sekolah masih kekurangan quota. Sebagian besar sekolah yang belum memenuhi quota tersebut, berada di daerah pinggiran.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Agus Hariyanto, kepada hariankota.com serta awak media lain, Jumat (05/07/2019) mengatakan, sekolah yang masih belum memenuhi quota tersebut diantaranya sekolah yang berada di Kecamatan Colomadu, Jatipuro, Jatiyoso, dan Jumantono.

Menurut Agus Hariyanto, kekurangan siswa ini, hampir terjadi setiap tahun. Bahkan jumlah total kekurangan siswa di 29 sekolah, sebanyak 1074 orang calon siswa.

“Kondisi kekuranagan siswa ini, hampir terjadi setiap tahun, terutama di sekolah yang berada di pinggiran. Salah satu penyebabnya, karena banyak siswa usia sekolah tingkat SMP yang mengikuti orang tuanya merantau serta jumlah kelulusan SD yang tidak sebanding dengan daya tampung,” ujar Agus Hariyanto, Jumat (05/07/2019).

Ditegaskannya, meski PPDB telah berakhir, pihaknya memberikan kesempatan untuk memperpanjang masa pendaftaran siswa baru dengan sistem ofline, sampai quota terpenuhi. Hal ini, jelasnya berdasarkan paraturan bupati Karanganyar.

Perpanjangan masa pendaftaran ini hingga satu hari menjelang masuk sekolah tahun ajaran baru. “Untuk mengatasi persoalan kekurangan siswa ini, kita instruksikan untuk memperpanjang masa pendaftaran dengan sistem ofline hingga quota terpenuhi,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pengumuman PPDB dengan sistem online, Agus Hariyanto meyatakan, akan dilakukan pada hari Sabtu (06/07/2019), melalui website karanganyar.siap-ppdb.com.

Jurnalis: Iwan Iswanda

Editor: Gunadi

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More