Rekomendasi

Prosesi Kirab Petikan dan Karnaval Budaya HUT Ke-73 Sukoharjo Undang Antusiasme Warga

Senin, 15 Juli 2019 : 16.28
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Serah terima salinan petikan Peraturan Pemerintah (PP) tentang berdirinya Kabupaten Sukoharjo yang dibawa pasukan ala keraton dari Sekda Sukoharjo, Agus Santosa kepada Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya menjadi puncak Kirab Petikan dan Karnaval Budaya peringatan HUT Kabupaten Sukoharjo ke - 73 yang berlangsung di jalan Sudirman, tepatnya depan rumah dinas bupati, Senin (15/7/2019) pagi.

Salinan petikan PP No 16 Tahun 1946 tersebut ditulis diatas kulit sapi, dan dibingkai dalam sebuah pigura besar. Petikan telah menjadi bagian dari sejarah lahirnya Kabupaten Sukoharjo dengan KRMT Soewarno Honggopati Tjitrohoepojo yang ditunjuk sebagai bupati pertamanya.

Pantuan hariankota.com, ribuan warga terutama pelajar terlihat antusias memadati sepanjang jalan rute Kirab dan Karnaval Budaya. Dimulai dari halaman Setda Sukoharjo menyusuri jalan Jendral Sudirman hingga berakhir di panggung kehormatan depan rumah dinas bupati, jaraknya sekira 2 kilometer.

Berbeda dengan tahun penyelenggaraan sebelumnya, untuk HUT ke 73 kali ini, selain diikuti 12 camat se kabupaten dan seluruh Kepala Desa dengan masing - masing naik kereta kuda, juga ada beberapa kelompok peserta kesenian tari yang sengaja dilombakan mewakili potensi tiap wilayah.

Rukmini (45) satu satu warga Kecamatan Grogol yang datang menyaksikan bersama anaknya mengatakan, sangat senang dengan prosesi kirab tahun ini lantaran kesenian yang ditampilkan dalam karnaval lebih beragam dan kreatif.

"Tidak menjemukkan, jadi terlihat lebih bagus dibanding tahun kemarin. Saya berharap akan lebih banyak lagi kreasi seni yang akan muncul, biar Sukoharjo makin terkenal," ungkapnya.

Dalam kegiatan, keseluruhan pelaksanaan rangkaian acara menggunakan tata cara adat Jawa. Mulai kades, bupati, pejabat struktural Pemkab dan tamu para pimpinan Forkopimda menggenakan busana adat Jawa lengkap berupa beskap dan kebaya.

Bahkan pidato dalam acara juga menggunakan bahasa Jawa halus (Kromo Inggil). Usai menyaksikan Kirab dan Karnaval Budaya, sesuai dengan tradisi, bupati melanjutkan acara menghadiri sidang paripurna dalam rangkaian HUT ke 73 Sukoharjo di gedung DPRD Kabupaten Sukoharjo.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Rahayuwati

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More