Rekomendasi

Remaja Asal Sukoharjo Jadi Juara Lomba Vlog Pengelolaan Sampah Kementrian LHK

Jumat, 12 Juli 2019 : 22.03
Published by Hariankota
SUKOHARJO - Raut kegembiraan terpancar di wajah Andhika Bagas Dewantoro (18). Remaja yang baru tamat SMA ini berhasil keluar sebagai juara 1 nasional, membuat video vlog tentang pengelolaan sampah memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Ditemui hariankota.com di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Jum'at (12/7/2019), Andhika menuturkan, ide membuat video vlog tentang sampah berawal dari rasa keingintahuannya tentang proses pengelolaan sampah mulai dari awal hingga proses pembuangan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di Mojorejo, Sukoharjo.

"Jadi ide awalnya adalah saya ingin tahu bagaimana sebenarnya proses pengelolaan sampah itu setelah terkumpul di TPA sampah yang berada di Mojorejo, dan kemudian akan diolah menjadi apa. Video vlog itu saya buat pada bulan puasa lalu," katanya.

Andhika ditetapkan sebagai pemenang pada Jum'at (5/7/2019) lalu di Jakarta, dan berhak mendapat piagam dan hadiah kompetisi foto dan vlog, yang langsung disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati.

Menanggapi terpilihnya Andhika sebagai juara 1 nasional kompetisi yang diselenggarakan KLHK, Kepala DLH Sukoharjo, Agustinus Setiono mengatakan, ini merupakan momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah berkelanjutan menuju Indonesia Bersih 2025.

Berdasarkan data KLHK, sebanyak 0,7 kilogram sampah dihasilkan oleh setiap orang setiap harinya. Hal itu setara dengan 66,5 juta ton sampah yang dihasilkan oleh Indonesia setiap tahunnya.

Demikian halnya dengan Sukoharjo, mengingat tempat pengelolaan akhir (TPA) sampah terhitung masih terbatas, oleh karena itu, partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk mengurangi jumlah timbunan sampah menjadi langkah yang perlu dikedepankan saat ini.

“Generasi milenial menjadi salah satu kader lingkungan yang menjadi tumpuan pemerintah. Dengan terpilihnya Andhika sebagai juara nasional video vlog tentang pengelolaan sampah, kami dapat melihat kreativitas anak muda dalam menyampaikan isu lingkungan dan menyebarkan rasa kepedulian di masyarakat umum,” papar Agus.

Kepada sang juara, Agus pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas keikutsertaan kaum muda dalam membuat kampanye peduli sampah bagi masyarakat. Penanganan sampah menurutnya tidak bisa hanya mengandalkan upaya pemerintah saja, namun lebih penting adalah keterlibatan aktif masyarakat.

“Untuk itu, karya video vlog ini akan kami upayakan untuk disebarluaskan sehingga masyarakat memahami dan mendukung pemerintah dalam pengelolaan sampah dari hulu hingga hilir,” tandas Agus.

Jurnalis: Sapto Nugroho

Editor: Rahayu

Share this Article :

Berita Terbaru

Read More